Jumat, 29 Jan 2021 20:12 WIB

Travelling di Masa Pandemi, Termasuk Self Love atau Egois?

Kanya Anindita - detikHealth
Ilustrasi seseorang sedang solo traveling. Traveling di masa pandemi, self love atau egois? (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Istilah self love tidak asing lagi di kalangan masyarakat, khususnya generasi anak muda. Banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk menyenangkan diri sendiri, seperti menonton film sebagai apresiasi ke diri sendiri setelah bekerja keras.

Travelling juga dikategorikan sebagai self love untuk memenuhi kepuasan diri sendiri. Tak sedikit dari mereka yang rela merogoh kocek untuk jalan-jalan agar pikiran menjadi lebih rileks.

Namun, travelling di masa pandemi itu termasuk self love atau sebenarnya merupakan ego diri sendiri?

"Di masa pandemi ini, aktivitas-aktivitas yang bisa kita lakukan untuk menghibur diri kita sendiri agar lebih rileks itu mungkin menjadi lebih terbatas," kata Inez Kristanti, Clinical Psychologist & Sexuality Educator dalam acara e-Life detikcom pada Jumat (29/1/2021).

"Kita perlu menyadari bahwa saat masa pandemi ini ada aspek-aspek yang perlu kita perhatikan. Kalau mau merawat diri sendiri itu jangan sampai membahayakan orang lain. Cari alternatif kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk menyenangkan diri sendiri tanpa harus merugikan orang lain," tambahnya.

Untuk itu, ada beberapa kegiatan self love yang bisa dilakukan selama era pandemi, seperti menonton film, membaca buku, atau video call dengan teman-teman. Pada dasarnya, setiap orang punya cara yang berbeda-beda untuk menyenangkan diri mereka sendiri.

"Jangan mementingkan diri sendiri atas nama self love. Kalau self love yang merugikan orang lain itu jatuhnya egois," pungkasnya.

Jadi, travelling saat pandemi termasuk self love atau egois? Tinggalkan komentar.



Simak Video "eLIFE with Inez Kristanti - Nggak Patuh 3M, Nggak Sayang Diri Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)