Sabtu, 30 Jan 2021 06:20 WIB

Dokter Sebut Bunyikan Jari Saat Pegal Tak Bahaya! Tapi Memang Tak Bermanfaat

Zintan Prihatini - detikHealth
Hand Massage. Pain in the finger joints. Arthralgia Membunyikan sendi saat pegal (Foto: Getty Images/iStockphoto/Staras)
Jakarta -

Ketika tangan terasa pegal, mungkin sebagian orang terbiasa membunyikan tangan hingga berbunyi 'keretek' dengan menekannya. Perasaan rileks setelah melakukannya menjadi kebiasaan sehari-hari untuk meredakan pegal. Namun, apakah kebiasaan tersebut aman jika dilakukan secara terus-menerus?

Dokter spesialis ortopedi yang berpraktik di RS Pondok Indah, dr Rizky Priambodo Wisnubaroto, SpOT, menjelaskan kebiasaan tersebut tidak membahayakan tubuh atau kesehatan.

"Pada dasarnya kan dia ada popping sendi aja ya. Sebenernya si efeknya nggak terlalu ada selain kepuasaan aja sih ya. Poppingnya bisa disebabkan ada udara di dalam sendinya, memang snapping dari tendonnya aja," ujar dr Rizky.

"Jadi sebenernya efeknya sih nggak ada sih ya setau saya memang nggak ada yang spesifik. Nggak ada efek khusus," lanjutnya.

Meski tak menimbulkan efek apapun, kebiasaan ini tetap tak begitu baik jika dilakukan terus-menerus. Untuk itu, agar tangan dan jari tidak pegal saat bekerja, usahakan istirahatkan organ tersebut selama beberapa saat.

"Istirahat periodik aja, misalnya dalam satu jam ambil lima sampe 10 menit abis itu di stretch (diregangkan)," pungkas dr Rizky.



Simak Video "Hoax Vaksin Timbulkan Varian Baru dan Sebabkan Kematian Dalam 2 Tahun!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)