Sabtu, 30 Jan 2021 11:13 WIB

Bentuk Self Love di Masa Pandemi COVID-19 Menurut Psikolog

Farah Nabila - detikHealth
young pretty and happy Asian Korean tourist woman smiling holding mobile phone or camera taking self portrait selfie picture outdoors doing love fingers heart sign popular trend in Asia Mencintai diri sendiri penting untuk jaga kesehatan mental. (Foto: iStock)
Jakarta -

Self love atau mencintai diri sendiri bisa diartikan sebagai bentuk upaya untuk menerima keadaan diri sendiri. Self love ini disebut bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mental.

Namun, bagaimana bentuk self love yang bisa dilakukan di tengah pandemi COVID-19?

Menurut psikolog klinis Inez Kristanti, selama pandemi kita perlu memperhatikan hal-hal yang bisa dilakukan untuk menyayangi dan peduli dengan diri sendiri.

"Pada dasarnya kan kalau kita bicara tentang self love itu terkait bagaimana kita mencintai dan mengapresiasi diri kita sendiri, nah di tengah pandemi ya memang kita perlu aware juga dengan hal-hal yang bisa kita lakukan sebagai cara kita menyayangi dan peduli dengan diri kita sendiri," ujar Inez dalam diskusi virtual, pada Jumat (29/01/2021).

Selama pandemi COVID-19, mungkin beberapa aktivitas untuk menghibur diri menjadi lebih terbatas. Inez menyarankan untuk mencari aktivitas yang bisa menyenangkan diri tanpa merugikan orang lain.

"Nah jadi mungkin kita bisa fokus juga gitu untuk melakukan atau mencari alternatif-alternatif kegiatan atau hal-hal yang bisa dilakukan untuk merawat, menyenangkan diri kita sendiri tanpa memang harus merugikan orang lain juga," ujarnya.

Inez mengingatkan untuk selalu memperhatikan orang lain ketika kita melakukan suatu tindakan sebagai bentuk self love. Pasalnya, kita juga tidak boleh terlalu egois sehingga tidak memperhatikan lingkungan sekitar.

"Tetapi jangan lupa juga bukan hanya memperhatikan diri sendiri, tetapi juga memperhatikan orang lain sehingga kita bisa sama-sama menjaga keamanan dan kesehatan untuk diri kita sendiri dan juga untuk orang lain," tambahnya.



Simak Video "Memahami Self Reward dan Self Love bagi Kesehatan Mental "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)