Senin, 01 Feb 2021 15:00 WIB

Dikaitkan dengan Kematian Marco Panari, Ini Cara Mengatasi Tersedak

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Marco Panari Foto: dok. Instagram @marc0panari
Jakarta -

Aktor muda Marco Panari meninggal dunia, aktor muda berusia 23 tahun itu disebut sebelumnya sempat tersedak. Kabar ini dikonfirmasi sang ibunda, saat dimintai keterangan penyebab kepergian Marco Panari.

"Kalau kata dokter, sepertinya tersedak. Kalau dokter kan menjelaskan karena tersedak itu," katanya.

Tersedak seperti yang dialami Marco Panari, kasus tersedak bukan hanya terjadi anak-anak. Ada beberapa penyebabnya termasuk tidak mengunyah makan dengan benar atau kerap tertawa saat minum dan makan.

Bagaimana agar tersedak tak memicu kondisi fatal?

Beberapa waktu lalu, dr Agus Subagio, SpTHT menyebut tersedak tak bisa diatasi dengan minum air. Namun, penolongan pertama yang disebut Heimlich Maneuver bisa membantu.

"Si penolong berdiri di belakang korban. Kedua tangan dilingkarkan di atas perut korban, dengan tangan kanan mengepal dan tangan kiri menggenggam tangan kanan. Lalu hentakkan ke arah atas supaya terjadi tekanan dari rongga perut dan rongga dada yang membuat makanannya keluar," jelas dr Agus.

Lakukan manuver tersebut sebanyak lima kali, jika makanan tak kunjung keluar, bisa dilakukan sekali lagi. Berikut tahapannya dikutip dari Healthline.

- Berdiri di belakang orang tersebut dengan posisi tanganmu melingkari pinggangnya.
- Mencondongkan tubuh orang tersebut ke depan.
- Mengepalkan tanganmu dan meletakkan di atas perut orang tersebut, di atas pusarnya.
- Menggunakan tanganmu untuk menekan perut orang tersebut dengan gerakan ke atas.
- Mengulangi metode ini lima kali.
- Jika benda masih tersangkut di tenggorokan orang tersebut, langkah ini sebaiknya diulangi lima kali lagi.

4-5 menit tak teratasi bisa mengancam jiwa

dr Agus juga mengingatkan bahaya jika tersedak tak teratasi dalam beberapa waktu. Hal ini bahkan bisa mengancam jiwa, terlebih jika orang tersebut tak mengetahui penanganan yang tepat.

"Bahaya tersedak itu ya meninggal. Karena saluran napasnya tertutup oleh makanan yang masuk tadi. 4-5 menit nggak bisa napas saja otak langsung mati," katanya.

Maka dari itu. waspadai tersedak seperti yang diidap Marco Panari sebelum wafat. Sebaiknya segera mendapatkan pertolongan medis agar penangannya bisa dilakukan maksimal.



Simak Video "Panduan Ibadah Tarawih dan Tadarus di Bulan Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)