Senin, 01 Feb 2021 18:30 WIB

Bisa Mematikan, Ini 4 Penyebab Tersedak pada Orang Dewasa

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Marco Panari Marco Panari meninggal dunia. (Foto: dok. Instagram @marc0panari)
Jakarta -

Kabar mengejutkan kembali datang dari dunia hiburan di Indonesia. Aktor muda Marco Panari meninggal dunia setelah sempat dilarikan ke rumah sakit di kawasan Jakarta Pusat.

Aktor berusia 23 tahun itu diduga meninggal karena tersedak.

"Kalau kata dokter, sepertinya tersedak. Kalau dokter kan menjelaskan karena tersedak itu," kata bunda dari Marco Panari.

Meski tersedak umumnya terjadi pada anak-anak, orang dewasa juga bisa mengalami kondisi ini. Apabila tak segera ditangani, tersedak bisa memicu kondisi fatal bahkan kematian, seperti yang diduga dialami Marco Panari.

Lantas apa penyebab orang dewasa bisa mengalami tersedak? Dikutip dari Huffpost, berikut 4 penyebabnya yang perlu kamu tahu.

1. Memasukkan makanan sekaligus ke dalam mulut

Umumnya saat mengonsumsi makanan berukuran kecil, kita akan lebih mudah memasukkan makanan dengan jumlah besar ke dalam mulut. Misalnya, saat memakan popcorn atau kacang.

Menurut, Sharon A Brangman, Kepala divisi kedokteran geriatrik di Upstate Medical University, New York, terlalu banyak memasukkan makanan ke dalam mulut bisa berisiko mengalami tersedak.

"Makanan berukuran kecil dapat dengan mudah atau berlebihan ketika dimasukkan ke dalam mulut," kata Brangman.

2. Mengonsumsi makanan berukuran kecil

Tak hanya mengonsumsi makanan dengan jumlah besar, ternyata makanan berukuran kecil juga lebih mudah masuk ke dalam tenggorokan. Hal ini berisiko menyebabkan penyumbatan di tenggorokan dan menghalangi aliran udara.

"Kamu perlu memastikan untuk mengunyah makanan dengan benar dan tidak menelan terlalu banyak. Penting juga untuk menyediakan air minum, sehingga kamu akan lebih mudah menelan makanan tersebut," ujar Joan Salge Blake, seorang ahli gizi dari Boston University.

3. Mengonsumsi makanan bertekstur kenyal

Selanjutnya, mengonsumsi makanan dengan tekstur kenyal, kering, dan kental juga berisiko menyebabkan tersedak. Pasalnya, jika tidak dikunyah dengan benar, maka makanan dengan tekstur seperti ini akan lebih sulit ditelan.

4. Mengonsumsi makanan terlalu lahap

Brangman mengatakan ketika sedang lelah dan lapar, kita cenderung akan melahap makanan dengan 'buas', sehingga makanan tersebut tidak akan terkunyah dengan sempurna. Hal ini juga berisiko membuatmu mengalami tersedak saat makan.



Simak Video "Ada yang Tersedak? Coba Teknik Hiemlich"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)