Senin, 01 Feb 2021 20:36 WIB

Dirjen WHO Sebut Pandemi COVID-19 Bisa Segera Diakhiri

Firdaus Anwar - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Virus Corona COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Sudah setahun sejak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasikan virus Corona COVID-19 sebagai ancaman darurat kesehatan global. Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyebut pandemi sebetulnya bisa saja diakhiri di tahun 2022.

Tedros menyebut di awal pandemi ada sejumlah negara yang langsung mengikuti imbauan WHO. Namun ada juga yang tidak mempedulikan dan kini dampaknya harus ditanggung bersama dengan virus berhasil menyebar luas.

Terhitung hingga tanggal 1 Februari 2021, WHO mencatat sudah ada lebih dari 100 juta kasus COVID-19 yang dikonfirmasi. Dari jumlah tersebut sekitar 2,2 juta orang dilaporkan meninggal dunia.

Bagi yang sudah sembuh pun belum tentu kondisi tubuhnya bisa kembali normal. Tedros menyebut sebagian pasien sembuh masih harus menghadapi gejala-gejala sisa yang disebut sebagai long COVID.

"Kejadian pahit ini membuat komunitas dan kesadaran kolektif kita terluka. Penderitaan yang harus dirasakan oleh mereka dengan long COVID, yang saya sendiri kenal banyak, sangat membuat hati ini sedih," tulis Tedros pada Guardian dan dikutip Senin (1/2/2021).

Tedros mengatakan dunia memiliki kesempatan kedua dengan rampungnya vaksin COVID-19. Untuk itu ia lagi-lagi mengimbau agar tiap negara mendengarkan saran WHO berbagi suplai vaksin dengan adil, sehingga tidak ada penduduk dunia yang ketinggalan.

Negara juga disebut jangan lengah, melonggarkan upaya pengendalian hanya karena ada vaksin. Tedros mengingatkan agar kemampuan tes dan pelacakan terus ditingkatkan sehingga tiap kasus COVID-19 bisa diisolasi dengan baik.

"Supaya kita bisa terus berada di depan perkembangan virus, kita harus mengutamakan sains. Terutama saat kita mengetahui munculnya varian-varian baru," ungkap Tedros.

"Bila kita berhasil, kita bisa kembali dalam jalur mengendalikan pandemi. Dan di momen ini di tahun depan, kita akan melihat semua negara dan semua komunitas berada di dunia yang lebih sehat, aman, dan berkelanjutan untuk masa depan," pungkasnya.



Simak Video "WHO Tak Henti Keluarkan Peringatan soal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)