Selasa, 02 Feb 2021 19:46 WIB

Tenang dan Sehat Hadapi Pandemi dengan Meditasi Qi Gong, Apa Itu?

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Meditasi Foto: Ilustrator: Edi Wahyono
Jakarta -

Pandemi COVID-19 yang hingga kini belum juga membuat banyak masyarakat khawatir. Berbagai cara mungkin sudah dilakukan untuk mencegah paparan COVID-19 seperti menerapkan protokol kesehatan, mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin, hingga mengurangi aktivitas di luar rumah.

Namun fakta tentang angka kasus yang terus menanjak membuat kekhawatiran itu rasanya tak pernah hilang. Rasa khawatir yang berlebihan juga kerap menimbulkan stress yang justru bisa menurunkan daya tahan tubuh. Nah, untuk mengurangi rasa stress dan beban pikiran yang terlalu berat, kamu bisa melakukan meditasi.

Meditasi adalah suatu praktik relaksasi yang melatih fokus pikiran dan tubuh kita untuk mengarahkan dan memusatkan pikiran sehingga menciptakan rasa tenang, damai, pikiran yang jernih serta meningkatkan konsentrasi. Kata meditasi berasal dari kata meditatum, sebuah istilah Latin yang berarti merenungkan.

Berdasarkan data National Health Interview Survey (NHIS) pada tahun 2017, penggunaan meditasi pada orang dewasa di AS meningkat dari 4,1% menjadi 14,2%. Penggunaan meditasi pada anak-anak usia 4 hingga 17 tahun di Amerika Serikat juga meningkat dari 0,6% menjadi 5,4%.

Teknik meditasi sudah dilakukan sejak ribuan tahun silam awalnya meditasi dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan pemahaman spiritual dan keagamaan. Banyak dari tradisi keagamaan di dunia yang telah menjalankan meditasi dengan beraneka ragam cara. Misalnya dhyana/jhana pada agama Hindu di India, bhavana meditasi pada agama Buddha, sufisme tradisi meditasi dari Islam kuno, dan ada praktik kontemplatif dari agama Kristen.

Walaupun meditasi sering dikaitkan dengan banyak tradisi agama atau spiritual tapi meditasi dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang latar belakang agama atau budaya mereka. Salah satu bentuk meditasi yang bisa kamu pilih adalah Qi gong.

Qi gong mengacu pada bentuk latihan tunggal atau praktik sistematis baik dalam bentuk gerakan atau hanya dengan ketenangan berpusat di sekitar qi. Qi adalah istilah yang sangat penting dalam budaya Tiongkok dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan khususnya dalam pengobatan daois.

Ingin tahu lebih jauh soal meditasi Qi gong? Kamu bisa ikuti seminar 'Qigong Method, Meditation and Spiritual Approach for Health During Covid 19 Pandemic' yang diadakan oleh Perkumpulan Induk Organisasi Kesehatan Tradisional Indonesia (PIKTI). Dalam seminar ini, akan para narasumber akan menjelaskan mengenai Qigong Method dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

PIKTIPIKTI Foto: PIKTI

Adapun keynote speaker yang hadir yaitu Ekwahyu Kasih. Selain itu hadir pula Suhu Benny Chikung, Brenda Lee Mc Rae, Kusmartono, sebagai speaker dan Suhu Haryanto sebagai moderator.

Seminar ini akan diadakan secara virtual dan tidak dipungut biaya alias gratis, pada hari Minggu, 7 Februari 2021 pada pukul 14.30-17.30. Pendaftaran bisa dilakukan dengan registrasi pada tautan http://bit.ly/pikti29 dengan Zoon ID: 83850044785 dan password: pikti29.

(ega/ega)