Selasa, 02 Feb 2021 20:53 WIB

Dayana Kazakhstan Buka Suara Soal Penyakit yang Membuatnya Lumpuh

Tim detikHealth - detikHealth
Dayana Kazakhstan (Foto: Instagram/@demi.demik)
Jakarta -

Gadis asal Kazakhstan, Dayana Asembaya, tengah jadi perbincangan terkait kedekatannya dengan YouTuber Indonesia Faki Naki. Di media sosial, Dayana membuat pengakuan tentang penyakit yang pernah diidapnya.

Awalnya, Dayana hanya diam saat berbagai spekulasi berkembang tentang kelumpuhan yang pernah dialaminya. Ketika banyak orang mengira ia mengalami lumpuh sejak lahir, Dayana akhirnya buka suara.

Lewat sebuah video, Dayana mengisahkan bahwa dirinya mengidap penyakit Arnold Chiari tipe 1 atau malformasi Chiari yang membuat struktur tulang tengkoraknya tidak sempurna. Namun gejala yang dialaminya baru muncul saat remaja.

"Saat aku berusia 15 tahun aku pernah menjalani operasi di Spanyol, karena Kazakhstan hanya bisa melakukan pada operasi melalui bagian kepala," jelasnya.

[Gambas:Instagram]




Operasi tersebut disebut penuh risiko karena Dayana juga mengidap Developmental Venous Anomaly (DVA), yakni sebuah kelainan pembuluh darah. Dokter di Kazakhstan sempat menyebutnya tidak bisa berjalan lagi. Sebuah vonis yang sulit diterimanya.

Bagaimana akhirnya Dayana bisa berjalan kembali?

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI



Simak Video "Wanita Ini Mendadak Alergi Air Usai Melahirkan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)