Rabu, 03 Feb 2021 06:23 WIB

Urut-urutan Gejala yang Paling Sering Dialami Pasien COVID-19

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) hadirkan laboratorium mini-layanan tes swab antigen bagi para pegawai. Hal itu dilakukan guna cegah COVID-19. Virus Corona COVID-19 (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Gejala yang muncul pada infeksi SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 cukup beragam, mulai dari yang paling umum seperti sesak napas hingga yang tak terbayangkan seperti sariawan. Tidak semua pasien mengalami gejala yang sama, bahkan ada yang tak bergejala sama sekali.

Variasi ini jugalah yang bagi sebagian orang memicu pandangan skeptis: "apa-apa kok dibilang COVID-19".

Faktanya, infeksi virus Corona tidak hanya menyerang pernapasan. Para ilmuwan mengaitkannya juga dengan keluhan mata merah, gangguan pencernaan, bahkan masalah kejiwaan.

Meski tidak ada yang benar-benar sama, para pakar mengamati pola kemunculan gejala yang paling umum dialami pasien. Dikutip dari Timesnownews, berikut urut-urutan gejala yang muncul.

1. Demam

Selama pandemi, hampir semua tempat memberlakukan pengecekan suhu tubuh. Ada benarnya, sebab salah satu gejala paling umum pada infeksi apapun adalah demam. Demikian juga pada COVID-19, demam termasuk salah satu gejala paling perlu diwaspadai.

2. Batuk

Karena SARS-CoV-2 utamanya menyerang pernapasan, maka gejala yang umum berikutnya adalah batuk-batuk. Gejala ini juga paling diwaspadai, karena semburan droplet saat batuk adalah jalur utama penularan virus Corona. Karena itulah, masker jadi perlindungan wajib selama pandemi.

3. Anosmia

Tidak bisa mencium bau dan mengecap rasa juga tidak spesifik hanya dialami pasien COVID-19. Infeksi pernapasan pada umumnya juga bisa memicu keluhan ini. Tetapi, anosmia atau ketidakmampuan mendeteksi bau belakangan makin banyak dialami pasien COVID-19.

4. Pegal-pegal

Keluhan pegal dan nyeri otot muncul ketika virus Corona mulai masuk ke dalam tubuh dan mengalami replikasi. Proses tersebut memicu inflamasi atau radang, yang salah satunya ditandai dengan keluhan nyeri.

5. Diare

Kenapa China memberlakukan anal swab test untuk mendeteksi COVID-19? Gangguan pencernaan adalah salah satu gejala yang banyak dikeluhkan berikutnya. Benar, dari saluran pernapasan, virus ini bisa berakhir di saluran pencernaan, dan dikeluarkan bersama feses atau tinja.

Mengalami urut-urutan yang berbeda? Ceritakan di komentar ya.



Simak Video "Reaksi Kulit yang Bisa Terjadi Pada Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)