Rabu, 03 Feb 2021 17:26 WIB

Dokumen Autopsi Elvis Presley Ungkap Riwayat Sembelit Kronis, Kenali Gejalanya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
044629 45: Singer Elvis Presley poses for a studio portrait. (Photo by Liaison) Foto: Elvis Presley (Getty Images/Getty Images)
Jakarta -

Sempat simpang siur, hasil autopsi Elvis Presley akhirnya diungkap ke publik usai disegel 50 tahun. Selain sejumlah luka di seluruh tubuh ditemukan, hasil autopsi juga menunjukkan Elvis mengalami sembelit kronis selama berbulan-bulan sebelum ditemukan tewas.

Kondisi sembelit kronis seperti bisa disebabkan karena beberapa hal. Namun, gejala-gejalanya kerap tak disadari.

Waspadai gejala-gejala sembelit kronis, kondisi yang dialami Elvis Presley sebelum meninggal, dikutip dari Mayo Clinic.

- Buang air besar kurang dari tiga kali seminggu
- Feses yang menggumpal atau keras
- Mengejan untuk buang air besar
- Merasa seolah ada penyumbatan di rektum yang mencegah buang air besar
- Merasa seolah-olah tidak dapat mengeluarkan tinja sepenuhnya dari rektum
- Membutuhkan bantuan untuk mengosongkan rektum, seperti menggunakan tangan untuk menekan perut dan menggunakan jari untuk mengeluarkan kotoran dari rektum.

Elvis Presley juga sempat menjalani pola makan berantakan hingga adanya gangguan feses yang memadat dalam empat bulan. Perlu waspada jika buang air besar setiap hari namun bentuknya seperti kotoran kambing atau seseorang yang buang air besar seperti pisang, lembut namun hanya dua hari sekali, hal ini bisa menunjukkan ada yang tidak beres.

Sembelit kronis yang dialami Elvis Presley bisa juga disebabkan karena kanker usus besar hingga penyempitan usus besar. Begitu juga dengan kanker usus besar, kanker prut lain yang menekan usus besar, hingga kanker rektal bisa jadi pemicunya.

Namun, pakar kesehatan saluran cerna Prof Dr dr Ari Fahrial Syam menyebut sembelit kronis bisa dicegah dengan beberapa kebiasaan sehari-hari. "Hal-hal tersebut tentunya dapat kita cegah, dengan mengonsumsi banyak serat, banyak bergerak dan olahraga, serta minum air mineral secukupnya," jelas Prof Ari beberapa waktu lalu.



Simak Video "Lakukan 2 Hal Ini untuk Atasi Bayi Sembelit"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)