Jumat, 05 Feb 2021 13:16 WIB

Antrean GeNose di Stasiun Senen Penuh, Petugas Arahkan ke Gambir

Vidya Pinandhita - detikHealth
genose di stasiun Foto: Anisa Indraini/detikcom
Jakarta -

Soft launching GeNose C-19 di Stasiun Senen, Jakarta dibanjiri calon penumpang yang ingin tes Corona. Karena jumlah alat terbatas, tes GeNose terpantau masih ditutup hingga pukul 12.00.

Calon penumpang yang menginginkan tes GeNose namun tidak ingin mengantre atau sedang mengejar waktu keberangkatan kereta diarahkan untuk mengikuti tes di Stasiun Gambir, Jakarta.

"Di Gambir saja. Kalau untuk keberangkatan kereta sore ini atau besok masih ngejar (waktu). Perkiraan hasil tes GeNose keluar setengah jam (di Gambir)," terang petugas kereta Sujarwo, Jumat (5/2/2021).

Teoretis, pemeriksaan COVID-19 dengan GeNose hanya butuh waktu 3 menit. Namun dalam praktiknya, calon penumpang di Stasiun Senen kini harus menunggu selama sekitar 2 jam untuk mendapatkan hasilnya.

"Antrean hasil sudah lebih dari 2 jam. Dari infonya kan katanya cepat, murah meriah. Tapi ya ini sudah 2 jam lebih, sekarang tempat tesnya ditutup," terang seorang calon penumpang di Stasiun Senen pada detikcom, Jumat (5/2/2021).


Sujarwo menambahkan, tes GeNose di Stasiun Senen hari ini sudah berlangsung sejak pukul 07.00. Antrean yang panjang adalah antrean hasil, bukan antrean orang yang akan melakukan tes.

Hanya orang yang memiliki tiket kereta yang diperbolehkan melalukan tes.

Bagaimana jika Hasil Tes Positif COVID-19?

Jika tes COVID-19 GeNose menunjukan hasil positif, calon penumpang akan diminta membatalkan perjalanan. Calon penumpang dipersilakan menukar tiket dengan uang kembali (refund) di loket.

"Kalau hasil positif, datang ke loket, lalu minta kembalikan uang tiket. Hanya uang tiket kereta yang dikembalikan, uang untuk tes GeNose tidak," pungkasnya.



Simak Video "Epidemiolog Minta GeNose UGM Segera Publikasikan Hasil Validasi ke Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)