Sabtu, 06 Feb 2021 13:42 WIB

Kenali Gejala Awal Vertigo, Diidap Rektor Paramadina Firmanzah Sebelum Wafat

Ayunda Septiani - detikHealth
Prof. Firmanzah Rektor Paramadina Firmanzah meninggal dunia. (Foto: Angga Laraspati)
Jakarta -

Rektor Universitas Paramadina Firmanzah meninggal dunia pada Sabtu (6/2/2021). Ia diketahui pernah menjabat sebagai Staf Khusus Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bidang Ekonomi.

Salah satu dosen Paramadina, Hendri Satrio membenarkan kabar tersebut. Menurutnya, berdasarkan kabar pihak keluarga, ia sempat mengalami vertigo sebelum meninggal dunia.

"Benar, meninggal pagi ini. Kabar dari pihak keluarga karena vertigo," kata Hendri, dikutip dari laman CNNIndonesia.

Untuk mengetahui keluhan awal gejala awal vertigo, ahli neurologi dr Ilan Danan menyebut waspadai keluhan pusing yang parah saat menggerakkan kepala. Hal ini dideskripsikan oleh pasien sebagai sensasi berputar di ruangan atau benda di sekitar mereka seperti terus bergerak.

Selain pusing, gejala vertigo awal umumnya meliputi:

  • Mual
  • Keringat berlebihan
  • Muntah.

Dikutip dari laman Healthline, selain gejala vertigo awal, penyebab umum vertigo biasanya dipicu beberapa hal seperti berikut:

Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV), penyebab paling umum dari vertigo. Gejala vertigo ini menciptakan sensasi singkat yang intens seperti berputar atau bergerak. Kondisi ini dipicu oleh perubahan cepat gerakan kepala.

Vertigo akibat migrain yang dapat berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam.

Infeksi virus pada saraf vestibular, yang disebut neuritis vestibular dapat menyebabkan gejala vertigo konstan dan intens.

Penyakit meniere, yaitu saat cairan menumpuk di telinga bagian dalam, menyebabkan vertigo mendadak yang berlangsung selama beberapa jam.

Stres dapat memperburuk gejala vertigo awal, namun bukan penyebab utamanya.

"Tetapi stres berat dapat meningkatkan risiko stroke, yang dapat menyebabkan vertigo," jelas asisten profesor di Department of Hygiene and Epidemiology Muscle and Brawn, dr Dimitar Marinov.

dr Danan menyebut pengobatan untuk gejala vertigo awal tergantung pada penyebabnya. Menurutnya, untuk meredakan gejala, terapi rehabilitasi vestibular serta obat-obatan, seperti meclizine selama ini telah terbukti efektif.

dr Marinov mengatakan bahwa meclizine adalah antihistamin atau sekelompok obat yang digunakan untuk mengobati alergi. Obat ini juga efektif dalam mengobati mabuk perjalanan atau gejala vertigo awal yang disebabkan oleh penyakit meniere.

Namun, pada lansia, efek samping dari obat tersebut dapat menyebabkan kebingungan bahkan amnesia. Perlu diketahui jika ingin mengonsumsi obat untuk meredakan gejala vertigo awal agar mendiskusikannya dengan ahli medis, supaya diberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi kesehatan.




Simak Video "Pria Jakarta Wafat Usai Divaksin, Vaksinasi AstraZeneca Tetap Lanjut"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/naf)