Minggu, 07 Feb 2021 20:00 WIB

Menkes Sebut Kasus Corona di 2 Provinsi Turun Usai Nakes Divaksinasi

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebut kasus Corona di 2 provinsi di Indonesia mengalami penurunan usai nakes divaksinasi. (Foto ilustrasi: detikcom)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut ada 2 provinsi di Indonesia yang menunjukkan penurunan kasus Corona di kalangan tenaga kesehatan (nakes) setelah pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

"Jadi memang kita sudah melihat ada 2 provinsi yang saya lihat sudah mulai menurun kasus konfirmasi positifnya di nakes, tetapi kita masih ingin melakukan check and recheck sekali lagi untuk memastikan apakah itu konsisten di seluruh provinsi yang vaksinasi nakesnya tinggi," ungkap Menkes Budi dalam konferensi pers, Minggu (7/2/2021).

Salah satu provinsi yang dimaksud adalah Jawa Tengah. Budi menjelaskan bahwa ia mendapatkan laporan ini dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Menurut Budi, Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang paling cepat dan agresif dalam melakukan vaksinasi COVID-19 kepada nakes di wilayahnya.

"Mereka (Jawa Tengah) adalah provinsi yang paling cepat dan paling agresif memvaksinasi nakesnya dan benar ada data yang sudah di-share oleh Pak Ganjar, sesudah divaksinasi, sudah mulai ada tren turun," jelasnya.

Meski begitu, Budi mengatakan pihaknya ingin melakukan pengecekan ulang terlebih dahulu terhadap data-data tersebut, sehingga ia belum bisa menjelaskan secara rinci terkait penurunan jumlah kasus Corona pada nakes di provinsi-provinsi yang sudah melakukan vaksinasi COVID-19.

"Saya juga sudah lihat satu lagi, ada daerah seperti itu. Tapi, tolong izinkan kita meneliti sedikit datanya karena ingin memastikan konsistensi di provinsi lain," tuturnya.

Dilaporkan, hingga Minggu (7/2/2021), sudah ada 784.318 nakes di Indonesia yang sudah mendapat vaksin COVID-19. Jumlah ini mencakup 48,20 persen dari target penerima vaksin tahap pertama.



Simak Video "Vaksinasi Corona di Indonesia Belum Menyeluruh, Ini Kata Menkes"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)