Senin, 08 Feb 2021 05:22 WIB

Round Up

Akhirnya! Vaksin Sinovac Mulai Diberikan untuk Lansia Hari Ini

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Puskesmas Kelurahan Cilincing 1,Jakarta Utara, menggelar simulasi pemberian vaksin Sinovac, Selasa (12/1). Simulasi ini untuk memastikan kesiapan proses vaksinasi dan tenaga medis di puskesmas. Vaksinasi COVID-19 (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Pada 5 Februari 2021, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyetujui penggunaan vaksin COVID-19 CoronaVac buatan Sinovac-BioTech untuk lansia. Pemberian pada tenaga kesehatan lanjut usia dimulai hari ini.

"Mulai besok hari Senin jam 9, vaksinasi untuk orang-orang dengan usia di atas 60 tahun bisa kita mulai dengan prioritas pertama adalah tenaga kesehatan," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Minggu (7/2/2021).

Menkes Budi mengatakan, tenaga kesehatan berusia 60 tahun ke atas mendapat prioritas karena termasuk kelompok rentan. Selain karena usia, juga karena berhadapan langsung dengan pasien COVID-19.

Kepala BPOM Penny K Lukito menjelaskan, uji klinis vaksin COVID-19 CoronaVac buatan Sinovac-BioTech pada lansia dilakukan di dua tempat. Di China, uji klinis fase 1 dan 2 pada 400 subjek uji menunjukkan imunogenesitas yang baik.

"Seroconversion rate setelah 28 hari pemberian dosis kedua adalah 97,96 persen dan keamanan yang dapat ditoleransi dengan baik, serta tidak ada efek samping serius derajat 3 yang dilaporkan akibat pemberian vaksin," jelas Penny.

Sedangkan pada uji klinis fase 3 vaksin COVID-19 Sinovac di Brasil yang melibatkan 600 subjek uji, didapatkan bahwa vaksin ini aman untuk kelompok usia 60 tahun ke atas. Tidak ada efek samping serius derajat 3 maupun kematian yang dilaporkan.

"Efek samping yang umum terjadi berdasarkan uji klinik yang dilakukan, antara lain nyeri pada tempat penyuntikan, mual, demam, bengkak, kemerahan pada kulit sebesar 1,19 persen, dan sakit kepala sebesar 1,19 persen," jelas Penny.

Tonton video 'Penjelasan BPOM soal Efek Samping Vaksin Sinovac Pada Lansia':

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)