Selasa, 09 Feb 2021 15:43 WIB

Heboh Ramalan Bill Gates soal Ancaman Pandemi di Masa Depan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Bill Gates Foto: Instagram @thisisbillgates
Jakarta -

Bill Gates memprediksi akan ada ancaman besar bagi dunia dan bisa mengancam jiwa di kemudian hari. Ia pun tak menampik kemungkinan pandemi selain COVID-19 bisa terjadi di masa datang.

"Ada sejumlah virus pernapasan, dan dari waktu ke waktu, salah satunya akan datang, itu sangat menular dan menyebabkan tingkat kematian yang cukup tinggi," sebutnya dalam wawancara di YouTube, dikutip dari Republic World.

"Penyakit pernapasan sangat menakutkan, karena Anda masih berjalan di pesawat, bus saat Anda tertular, tidak seperti beberapa penyakit lain seperti Ebola," lanjutnya.

Sebenarnya, para ahli dan ilmuwan sudah menjelaskan kemungkinan terjadinya pandemi selain COVID-19. Hal ini berkaca pada sejumlah ancaman virus yang disebutkan masih berisiko terus mewabah.

"Dalam 20 tahun terakhir, kami menghadapi enam ancaman signifikan - SARS, MERS, Ebola, flu burung, dan flu babi," kata Profesor Matthew Baylis dari Universitas Liverpool kepada BBC News.

"Kami menghindari lima virus tadi hingga akhirnya COVID-19 berhasil menyerang," sebutnya.

Prof Matthew menyebut perlu mengidentifikasi lebih banyak virus yang bisa muncul dari satwa liar.

"Dan ini bukan pandemi terakhir yang akan kami hadapi, jadi kami perlu melihat lebih dekat pada penyakit satwa liar," bebernya.

Prediksi Bill Gates soal pandemi bukan hal baru. Ia juga pernah memprediksi hal ini di 2015 silam saat COVID-19 belum merebak.

Apa yang diramal Bill Gates saat ini?

"Satu adalah perubahan iklim. Setiap tahun akan ada angka kematian yang lebih besar daripada pandemi ini (akibat perubahan iklim)," katanya, seperti yang dikutip dari Republic World.

Bencana lain yang disebutkan Bill Gates akan terjadi yaitu bio terorisme. Disebutnya, bisa memicu kerusakan parah.

"Bio terorisme. Seseorang yang ingin mengakibatkan kerusakan bisa menciptakan virus dan itu artinya, peluang untuk menuju ke arah ini lebih besar daripada epidemi yang disebabkan oleh alam seperti saat ini," beber Bill Gates.

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI.



Simak Video "Ahli Gizi Ingatkan Jaga Pola Makan Seimbang Saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya