Rabu, 10 Feb 2021 09:00 WIB

Pro-Kontra Masker Dobel Disebut Lebih Ampuh Cegah Corona di Kalangan Ahli

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation Benarkah memakai masker dengan cara didobel bisa lebih efektif mencegah COVID-19? (Foto ilustrasi: iStock)
Topik Hangat Tren Masker Rangkap
Jakarta -

Dalam melindungi diri dari penularan virus Corona, sebagian orang beranggapan bahwa mengenakan masker dengan cara didobel bisa lebih ampuh dalam mencegah COVID-19. Namun, apakah benar begitu?

Terlebih sejumlah tokoh seperti Anthony Fauci, pakar penyakit menular di Amerika Serikat (AS), juga menyarankan untuk menggunakan masker dobel dalam mencegah COVID-19.

"Jika Anda memiliki masker satu lapisan dan memasang satu lapisan lagi, akan masuk akal jika ada kemungkinan yang lebih efektif," ucap Fauci.

Meski begitu, para pakar memiliki pandangan yang berbeda-beda terkait hal ini. Misalnya, Presiden Pan American Society for Clinical Virology, Dr Matt Binnicker, mengatakan bahwa yang paling penting daripada mengenakan masker dobel adalah menggunakan masker dengan cara yang benar.

"Jenis masker yang tepat adalah yang dikenakan secara konsisten menutup hidung dan mulut setiap kali berada di ruang publik," kata Binnicker, dikutip dari Reuters.

Sependapat dengan Binnicker, profesor hukum kesehatan global di Universitas Georgetown di AS, Lawrence Gostin, juga mengatakan semua masker akan efektif jika dikenakan dengan benar.

Namun, ia menyarankan daripada menggunakan masker dobel, maka lebih baik untuk memilih masker yang memiliki kemampuan baik dalam menyaring virus, seperti masker bedah dan KN95.

"Masker dobel tidak jelas (efektivitasnya), karena kami tidak tahu jenis bahan yang digunakan atau cara pemasangannya," ucap Gostin.

Para ahli pun sepakat bahwa masker yang efektif harus memiliki banyak lapisan. "Saat ini, CDC merekomendasikan untuk memakai satu masker dengan dua hingga tiga lapisan," jelas Dr Raed Dweik, ahli paru-paru dari klinik Cleveland.

"Jika masker Anda sudah memiliki banyak lapisan, tidak perlu pakai masker dobel," lanjutnya.



Simak Video "Aturan Baru CDC soal Tanpa Masker di Luar Ruangan Jika Sudah Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)
Topik Hangat Tren Masker Rangkap