Rabu, 10 Feb 2021 12:41 WIB

Inikah Asal-usul Masker Berlogo Khusus Tunarungu yang Viral?

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral logo khusus penanda tunarungu pada masker. Foto: Tangkapan layar viral
Jakarta -

Beredar pesan viral terkait adanya logo khusus untuk tunarungu pada masker. Disebutkan bahwa orang yang memakai masker berlogo itu artinya tunarungu sehingga diharapkan ada pengertian bila muncul kesulitan saat berkomunikasi.

"Logo ini menandakan pemakainya tunarungu, atau mempergunakan alat dengar. Karena pandemi COVID-19 prokes mempergunakan masker, maka kaum tunarungu ini tidak dapat membaca gerak bibir kita, sehingga jangan sampai ada salah komunikasi," tulis pesan yang beredar.

Pendiri sekaligus CEO Thisable Enterprise, perusahaan yang bergerak di bidang pemberdayaan penyandang disabilitas, Angkie Yudistia mengapresiasi ide logo khusus tunarungu pada masker tersebut.

"Sebenarnya itu ide yang bagus agar masyarakat umum dapat memahami kalau mereka bertemu atau sedang berbincang dengan penyandang disabilitas tuli/tunarungu. jadi tidak ada kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Namun inisiatif bukan datang dari saya. Justru saya saat ini masih mencari tau siapa inisiator pembuat masker berlogo khusus bagi penyandang disabilitas tuli/tunarungu itu," kata Angkie pada detikcom, Rabu (10/2/2021).

Penelusuran dengan aplikasi verifikasi gambar, InVid, menemukan foto masker yang sama diunggah oleh seorang pengguna Facebook bernama Christine Graham pada 6 Oktober 2020 silam. Christine juga menjelaskan hal serupa seperti pada pesan viral.

Foto tersebut kini sudah dibagikan ulang lebih dari 400.000 kali dan mengundang ribuan komentar. Dalam unggahan dijelaskan sumber logo datang dari lapak online khusus desain, Redbubble, oleh pengguna bernama CreativeWorld96.

Would everyone like to share this once please. It indicates that the person wearing it is deaf or hard of hearing and in...

Dikirim oleh Christine Graham pada Selasa, 06 Oktober 2020


Simak Video "Vaksinasi COVID-19 Saat Berpuasa, Perlukah Persiapan Khusus?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)