Rabu, 10 Feb 2021 18:35 WIB

Aisha Weddings Promosi Nikah Usia 12 Tahun, BKKBN Ungkit Risiko Kematian Ibu

Vidya Pinandhita - detikHealth
Aisha Weddings Aisha weddings promosi nikah usia 12 tahun. (Foto: Dok. Aisha Weddings)
Jakarta -

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kembali angkat bicara soal promosi nikah di bawah umur oleh wedding organizer Aisha Weddings. Tak hanya mengecam, BKKBN kini paparkan sederetan bahaya menikah muda bagi wanita dan anak.

Kepala BKKBN dr Hasto Wardoyo, SpOG menjelaskan, pernikahan usia muda dapat berdampak pada tingginya angka kematian ibu, bayi, dan rendahnya tingkat kesehatan ibu dan anak.

Menurut penelitian, anak perempuan berusia 10-14 tahun memiliki kemungkinan meninggal lima kali lebih besar selama kehamilan atau melahirkan dibandingkan dengan perempuan berusia 20-25 tahun.

Sementara pada wanita berusia 15-19 tahun, kemungkinannya dua kali lebih besar. Risiko kesakitan dan kematian yang timbul selama proses kehamilan dan persalinan pun besar.

"Perkawinan usia muda akan memunculkan berbagai risiko bagi pasangan pengantin, baik risiko yang berkaitan dengan kesehatan jasmani maupun psikologis. Begitu pun risiko bagi bayi yang akan dilahirkan," terang dr Hasto dalam laporan resmi, Rabu (10/2/2021).

Perempuan yang hamil di usia terlalu muda berpotensi mengalami robek mulut rahim dan pendarahan. Perempuan yang hamil di usia kurang dari 20 tahun juga berisiko mengalami preeklamsia atau tekanan darah tinggi, ditandai dengan kaki bengkak dan kejang saat persalinan.

dr Hasto turut menjelaskan, kawin di usia terlalu muda bisa menyebabkan kanker mulut rahim. Risiko lainnya, pertumbuhan tulang wanita akan terhenti, mudah keropos, dan menjadikan usia tua tidak produktif.

"Perempuan yang hamil pada usia pertumbuhan maka tulangnya berhenti tumbuh dan cenderung keropos osteoporosis. Di usia menopause menjadi bungkuk mudah patah tulang dan menjadikan usia tua tidak produktif," ujar dr Hasto pada detikcom.

Ia turut menjelaskan, usia yang sehat untuk wanita melahirkan adalah di atas 20 tahun dan di bawah 36 tahun. Di usia 20 tahun, diameter panggul wanita sudah mencapai 10 cm, yang idealnya proporsional untuk melahirkan bayi dengan diameter kepala 9 - 10 cm.



Simak Video "Blak-Blakan Kepala BKKBN: Rebranding KB & Politik Tanpa Gaduh"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)