Kamis, 11 Feb 2021 05:51 WIB

Round Up

Heboh Aisha Weddings, Kenali Dampak Buruk Menikah di Usia 12 Tahun

Tim detikHealth - detikHealth
Aisha Weddings Kampanye menikah muda Aisha Weddings (Foto: Dok. Facebook)
Jakarta -

Sebuah wedding organizer, Aisha Weddings, tengah jadi perbincangan karena mengkampanyekan pernikahan di usia 12 tahun. Kecaman datang dari berbagai kalangan, termasuk dari BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional).

"Perkawinan usia muda akan memunculkan berbagai risiko bagi pasangan pengantin, baik risiko yang berkaitan dengan kesehatan jasmani maupun psikologis. Begitu pun risiko bagi bayi yang akan dilahirkan," tegas Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Rabu (10/2/2021).

Mengutip sebuah penelitian, Hasto yang juga seorang dokter kandungan menyebut kehamilan di usia 10-14 tahun punya risiko kematian 5 kali lebih tinggi dibanding usia 20-25 tahun. Di usia 15-19 tahun, risikonya 2 kali lebih besar.

Berbagai risiko lain yang harus diperhitungkan adalah komplikasi saat melahirkan. Tidak kalah penting, kehamilan di usia terlalu muda juga berisiko memicu stunting, yakni kondisi gagal tumbuh yang antara lain ditandai dengan pertumbuhan tinggi badan yang tidak optimal.

Psikolog anak dan keluarga dari Klinik Terpadu Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Anna Surti Ariani, lebih tegas lagi menyebut promosi perkawinan di usia sangat muda sebagai ajakan yang 'jahat' dan menjerumuskan. Banyak dampak psikologis yang akan ditanggung di kemudian hari.

Menurut Nina, sapaan akrabnya, masa remaja adalah masa untuk berkembang sebaik-baiknya. berbagai masalah fisik, kognitif, dan sosio-emosional akan muncul jika remaja dipaksa untuk menikah karena secara fisik maupun emosi belum benar-benar matang.

"Jadi kalau aku sih melihat itu menjerumuskan ya, mengerikan kalau misal terutama perempuan, ketika seseorang belum berusia 20 tahun, didorong untuk menikah, itu mengerikan sebetulnya," kata Nina.



Simak Video "Memahami Self Reward dan Self Love bagi Kesehatan Mental "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
dMentor
×
Franchise Bisnis Kecantikan hingga Pelosok Daerah
Franchise Bisnis Kecantikan hingga Pelosok Daerah Selengkapnya