Kamis, 11 Feb 2021 06:20 WIB

Catat! Ini Urutan Gejala COVID-19 dari Hari ke Hari

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Gejala virus Corona COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Berbagai gejala bisa muncul saat seseorang terinfeksi virus Corona. Namun, masih banyak orang yang bingung gejala COVID-19 apa yang akan muncul pertama kali.

Untuk menentukannya, staf medis di sebuah rumah sakit di China menyusun buku terkait COVID-19. Di dalamnya dijelaskan apa saja hal yang bisa mempengaruhi kondisi pasien COVID-19, dengan harapan bisa memperjelas bagaimana virus bisa berkembang.

Dari hasil pengamatan ribuan pasien di China sejak awal tahun 2020 lalu, akhirnya pihak rumah sakit mengidentifikasi pola gejala yang biasa dialami pasien COVID-19. Berikut urutan gejala COVID-19 dari hari ke hari yang dikutip dari laman Express UK.

Hari ke-1

Saat hari pertama terinfeksi COVID-19, gejala ringan mulai muncul seperti demam dan batuk.

Namun, pada sebagian kecil kasus juga mengalami gejala lain seperti diare atau mual. Gejala ini bisa muncul 1-2 hari sebelumnya dan bisa menjadi tanda infeksi yang lebih parah.

Hari ke-3

Di hari ketiga ni, rata-rata pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit di Wenzhou mulai mengalami gejala. Berdasarkan penelitian terhadap 550 rumah sakit di seluruh China, banyak pasien COVID-19 yang dirawat mulai mengembangkan pneumonia di hari ketiga.

Hari ke-5

Di hari kelima, pasien COVID-19 yang parah bisa mengalami gejala Corona yang lebih buruk. Mereka mungkin mengalami kesulitan bernapas, terutama pada kelompok lansia atau orang dengan penyakit komorbid yang berpengaruh sebelumnya.

Hari ke-7

Pada hari ketujuh, pasien COVID-19 di Wuhan, China rata-rata mengalami gejala lainnya. Umumnya, mereka mengalami gejala sesak napas.

Hari ke-8

Di titik ini, pasien dengan COVID-19 yang parah mungkin akan mengalami sesak napas, pneumonia, atau sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS). Jika mengalami sindrom ARDS ini seringkali berakibat fatal.

Hari ke-9

Beberapa pasien di Wuhan juga mulai mengembangkan gejala sepsis pada hari ke-9. Sepsis merupakan infeksi yang disebabkan karena respons kekebalan yang agresif.

Gejala COVID-19 pada hari ke-10 dan seterusnya bisa disimak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Reaksi Kulit yang Bisa Terjadi Pada Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]