Jumat, 12 Feb 2021 06:14 WIB

Manfaat Echinacea Purpurea untuk Cegah Infeksi Virus Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Echinacea purpurea in Botanical garden Echinacea purpurea (Foto: Getty Images/iStockphoto/Martin Wahlborg)
Jakarta -

Menjaga imunitas menjadi kunci penting untuk melindungi diri di masa pandemi COVID-19. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, mulai dari istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bernutrisi, hingga mengonsumsi suplemen berbahan alami atau herbal.

Salah satu herbal yang direkomendasikan untuk meningkatkan imunitas tubuh dan telah teruji klinis adalah echinacea purpurea. Tanaman asli Amerika Utara ini telah dikenal dengan khasiatnya untuk menjaga sistem kekebalan yang membuat tubuh tahan terhadap ancaman infeksi dan penyakit.

Echinacea purpurea memiliki manfaat sebagai imunomodulator sehingga dapat mengatur kerja sistem imun tubuh. Berdasarkan mekanisme kerjanya, echinacea purpurea bisa digunakan untuk pencegahan penyakit infeksi.

"Salah satunya infeksi pada saluran pernafasan atas dan bawah," kata Ketua PP Peralmuni, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI, dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (11/2/2021).

Meningkatkan sistem imun

Berdasarkan penelitian, echinacea purpurea berperan sebagai imunomodulator dan membawa komponen sistem imun ke level yang dibutuhkan agar tubuh siap untuk melawan infeksi.

Echinacea memiliki berbagai komponen zat aktif yang dianggap berperan sebagai imunomodulator, antara lain alkamide, ketoalkana, turunan asam caffeic, polisakarida, dan glikoprotein. Echinacea dapat berperan sebagai imunostimulan atau pun imunosupresan, bergantung pada kondisi sistem imun tubuh.

Suplemen herbal yang mengandung echinacea juga bisa diberikan sebagai terapi bagi pasien asimptomatik atau tanpa gejala dan pasien gejala ringan.

Dosis pemberian echinacea yang dianjurkan sesuai dengan anjuran BPOM adalah 3 kali sehari untuk sediaan 250 mg, atau pun sekali sehari untuk sediaan 1000 mg.



Simak Video "Kemenkes: Lansia Perlu Hati-hati Gunakan Herbal untuk Atasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)