Sabtu, 13 Feb 2021 09:15 WIB

Budayawan Prie GS Meninggal karena Serangan Jantung, Kenali 6 Gejala Awalnya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Prie GS meninggal dunia Foto: Instagram
Jakarta -

Budayawan Prie GS meninggal dunia, kabar ini sebelumnya ramai di media sosial hingga akhirnya sang asisten, Tista Pratista mengonfirmasi kabar tersebut.

Prie GS disebut wafat karena serangan jantung. "Meninggal jam 5.30 kena serangan jantung. Nggak ada keluhan apa-apa sebelumnya," kata Tista Pratista kepada detikcom, Jumat (12/2/2021).

Prie GS disebut-sebut tak sakit atau mengeluhkan gejala apapun sebelum dirinya meninggal dunia. Dalam banyak kasus, serangan jantung terjadi secara mendadak dan tidak diawali tanda-tanda yang mudah dikenali.

Namun terkadang, serangan jantung bukan tanpa gejala sama sekali. Ada beberapa gejala yang sering menyertai tetapi terabaikan karena tidak terlalu spesifik dan dianggap sebagai keluhan sehari-hari.

Dikutip dari Mayo Clinic, serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat. Umumnya, penyumbatan sering terjadi karena penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lain yang membentuk plak di arteri koroner.

Terkadang, plak bisa pecah dan membentuk gumpalan yang menghalangi aliran darah. Aliran darah yang terputus dapat merusak atau menghancurkan sebagian dari otot jantung.

Hal ini bisa berisiko fatal terlebih jika gejalanya diabaikan. Berikut sederet gejala awal yang muncul saat terkena serangan jantung.

- Tekanan, bisa merasa sesak, nyeri, atau muncul sensasi seperti meremas hingga sakit di dada, lengan, yang bisa menyebar ke leher, rahang, atau punggung.

- Mual, gangguan pencernaan, mulas atau sakit perut

- Sesak napas

- Keringat dingin

- Kelelahan

- Kepala terasa ringan atau pusing tiba-tiba



Simak Video "Kerja Tak Kenal Waktu, Ini Risikonya untuk Kesehatan!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)