Sabtu, 13 Feb 2021 10:11 WIB

Kak Seto Idap Kanker Prostat, Kenali Gejala dan Waspadai Faktor Risikonya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Rambut asli Kak Seto jadi perhatian Kak Seto mengidap kanker prostat. (Foto: Pingkan/detikHOT)
Jakarta -

Seto Mulyadi atau yang lebih akrab disapa Kak Seto mengabarkan dirinya terkena kanker prostat. Psikolog sekaligus Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) tersebut menjelaskan hal itu dalam unggahan di akun media sosial pribadinya.

"Beberapa minggu belakangan ini kondisi kesehatan saya memang menurun. Dan setelah melakukan beberapa kali pemeriksaan, ternyata saya didiagnosa mengidap kanker prostat," jelas Kak Seto dikutip pada Sabtu (13/2/2021).

Akibatnya, kini Kak Seto harus menjalani perawatan di rumah sakit dan pagi ini disebut akan menjalani operasi biopsi prostat. Biopsi prostat merupakan pemeriksaan diagnostik untuk memastikan keberadaan kanker prostat.

"Dari hasilnya nanti akan diketahui apakah sel kanker yang ada termasuk jinak atau ganas," lanjut Kak Seto.

[Gambas:Instagram]

Kanker prostat seperti yang diidap Kak Seto bisa ditandai dengan beragam gejala. Namun apa penyebabnya?

Dikutip dari Mayo Clinic, masih belum jelas apa yang menyebabkan kanker prostat. Namun, sejauh ini, ada beberapa kondisi yang rentan meningkatkan terkena kanker prostat termasuk usia tua.

1. Usia

Usia lebih tua rentan terkena kanker prostat. Dalam banyak kasus, kanker prostat dilaporkan terjadi pada usia di atas 50 tahun.

2. Riwayat keluarga

Jika ada kerabat atau keluarga yang mengidap kanker prostat lebih dulu, ada kemungkinan risiko kamu juga terkena. Dibanding dengan memiliki riwayat keluarga kanker payudara, risiko mengidap penyakit yang sama seperti keluarga lebih tinggi di kanker prostat.

3. Obesitas

Hati-hati, orang yang mengalami obesitas mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker prostat dibandingkan mereka yang dianggap memiliki berat badan ideal. Berdasarkan penelitian, pada orang gemuk, kanker lebih cenderung menjadi agresif dan lebih mungkin 'kembali' meski sudah menjalani perawatan medis sebelumnya.

Catat sederet gejala awal kanker prostat.

  • Kesulitan buang air kecil
  • Darah dalam urine
  • Darah di air mani
  • Berat badan turun tiba-tiba
  • Disfungsi ereksi


Simak Video "Orang Tua Sebaiknya Tidak Menekan Anak Saat Belajar di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)