Minggu, 14 Feb 2021 12:27 WIB

Lagi-lagi Viral Hamil Tanpa Hubungan Seks, Ini Berbagai Kemungkinannya

AN Uyung Pramudiarja, Vidya Pinandhita - detikHealth
Pregnancy test stick with two stripes standing on wooden table. Viral hamil tanpa berhubungan seks (Foto: Getty Images/iStockphoto/adventtr)
Jakarta -

Kisah seorang wanita di Cianjur yang mengaku hamil tanpa berhubungan seks tengah jadi perbincangan di media sosial. Bahkan disebutkan, kehamilan terjadi hanya satu jam sebelum wanita ini melahirkan.

Konsultan fertilitas dan hormon reproduksi dari RS Omni Pulomas, dr Caroline Tirtajasa, SpOG(K), menjelaskan, kehamilan pada manusia hanya bisa terjadi ketika sel telur bertemu dengan sperma. Tanpa melalui hubungan seks, pembuahan sel telur oleh sperma hanya bisa terjadi melalui proses in vitro fertilization (IVF) atau bayi tabung.

"Satu-satunya cara seseorang bisa hamil tanpa berhubungan seks adalah dengan bayi tabung. Sperma diambil, sel telur diambil, lalu ditanam dalam bentuk embrio," jelas dokter kandungan dan kebidanan yang aktif di Instagram dengan akun @drcarolinetirtajasaspogk tersebut.

Kasus-kasus kehamilan yang disebut tanpa didahului hubungan seks juga kerap dikaitkan dengan berbagai cerita mistis. Dari sudut pandang ilmiah, kehamilan tidak terjadi dengan cara tersebut.

"Kecuali memang terjadi mujizat. Tapi kalau mujizat itu kan bukan ranah dokter," tambah dr Caroline saat dihubungi detikcom, Minggu (14/2/2021).

Dihubungi terpisah, dokter kandungan dr Hasto Wardoyo, SpOG menjelaskan bahwa pada spesies tertentu dikenal istilah partenogenesis. Ia mencontohkan, lebah betina menghasilkan telur yang tanpa dibuahi bisa menghasilkan embrio.

Namun tentunya, manusia tidak bekembang biak dengan partenogenesis.

Dokter yang juga Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ini juga menyinggung kondisi kejiwaan yang membuat seseorang punya waham atau mengalami delusi. Pada kondisi ini, seseorang punya keyakinan yang tidak bisa dibantah orang lain meskipun salah.

"Bukan hanya kali ini perempuan mengaku sama sekali tidak berhubungan seks tapi hamil, padahal sebenarnya ada kontak seksual," kata dr Hasto .



Simak Video "Brasil Hentikan Sementara Vaksin AstraZeneca untuk Ibu Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)