Senin, 15 Feb 2021 20:00 WIB

Begini Cara Cek Penerima Vaksin COVID-19, Kamu Salah Satunya?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Proses vaksinasi COVID-19 digelar di Puskesmas Kebayoran Lama, Jakarta. Para tenaga kesehatan mendapat suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama. Begini cara cek penerima vaksin Corona secara online. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Kini, masyarakat mulai bisa cek penerima vaksin COVID-19. Seperti yang diketahui pemerintah tengah mempersiapkan pemberian vaksin tahap 2 untuk petugas layanan publik dan lanjut usia (lansia).

Dalam tahap 2 ini, kelompok penerima vaksin COVID-19 mencakup pendidik, tokoh dan penyuluh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah, ASN, petugas keamanan, pekerja pariwisata, hotel, restoran, atlet, pekerja transportasi publik, serta wartawan dan pekerja media.

Salah satu yang terdekat, vaksin akan diberikan untuk sebanyak 55 ribu pedagang di pasar Tanah Abang, DKI Jakarta pada 17 Februari 2021.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Maxi Rein Rondonuwu, DHSM MARS pada konferensi pers Senin (15/2/2021) menjelaskan, penetapan kelompok masyarakat penerima vaksin COVID-19 pada tahap 2 ini sesuai dengan roadmap dari WHO.

Dengan begitu, kelompok masyarakat yang terdaftar dalam tahap vaksinasi ini bukan asal ditentukan. Melainkan, telah dengan pertimbangan keamanan lantaran memiliki mobilitas dan interaksi tinggi sehingga berisiko terinfeksi COVID-19.

Untuk mengetahui status terdaftar sebagai calon penerima vaksin, bisa melakukan cek penerima vaksin COVID-19 di website Peduli Lindungi.

Masyarakat yang sudah masuk dalam golongan penerima vaksin akan mendapat SMS dari Peduli Covid, kemudian diarahkan untuk melakukan registrasi ulang secara elektronik.

Lalu, bagaimana tata cara cek penerima vaksin COVID-19? Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka situs Peduli Lindungi pada tautan https://pedulilindungi.id/cek-nik
2. Masukan nama lengkap dan 16 digit Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada KTP
3. Lengkapi kode keamanan, kemudian klik 'Selanjutnya'
4. Jika kolom NIK dan kode keamanan sudah terisi dengan benar, maka akan langsung muncul status pemilik NIK tersebut sudah bisa menerima vaksin COVID-19 pada tahap yang sedang berlangsung atau belum.



Simak Video "Kemenkes Bicara soal Penyuntikan Dosis Ketiga Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)