Selasa, 16 Feb 2021 11:10 WIB

Tenggorokan Gatal Apakah Corona? Kenali Bedanya dengan Gatal Biasa

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
radang tenggorokan Tenggorokan Gatal Apakah Corona? Foto: shutterstock
Jakarta -

Gejala COVID-19 tidak hanya meliputi demam, batuk, hingga kehilangan indra penciuman dan perasa. Sakit tenggorokan juga termasuk gejala COVID-19, bagaimana dengan tenggorokan gatal, apakah Corona?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menjelaskan, sakit tenggorokan cukup umum dikeluhkan para pasien COVID-19. Namun, tak semua keluhan sakit tenggorokan bisa menandai adanya infeksi COVID-19.

Sakit tenggorokan yang disertai dengan rasa sakit, kering, dan gatal di tenggorokan juga bisa dipicu dengan beragam kondisi medis. Termasuk disebabkan karena infeksi hingga faktor lingkungan.

Sementara tenggorokan gatal apakah Corona perlu dilihat dari beberapa gejala COVID-19 lainnya yang lebih umum seperti berikut:

  • Demam
  • Batuk
  • Kelelahan
  • Kehilangan indra penciuman dan perasa.

Jika hanya mengeluhkan rasa nyeri pada tenggorokan, kemungkinan hanya mengidap radang tenggorokan, bukan terinfeksi COVID-19. Sakit tenggorokan pada pasien COVID-19 terjadi saat virus memasuki selaput yang berhubungan dengan hidung dan tenggorokan, kondisi ini menyebabkan pembengkakan di daerah tenggorokan.

Namun, untuk benar-benar memastikan gejala COVID-19 yang diidap, tetap perlu menjalani tes Corona lebih lanjut, tidak bisa langsung didiagnosis dengan hanya mengeluhkan salah satu gejala Corona termasuk menjawab tenggorokan gatal apakah Corona.

Dikutip dari Times of India, keluhan sakit tenggorokan juga terbagi ke tiga bagian. Berdasarkan masing-masing bagian tenggorokan yang terinfeksi.

Berikut ketiga kategorinya.

  • Faringitis, mempengaruhi area tepat di belakang mulut.
  • Tonsilitis, pembengkakan dan kemerahan pada amandel.
  • Laringitis, pembengkakan yang terjadi di kotak suara atau disebut juga laring.

Sementara, rasa sakit atau pegal yang muncul pada pasien yang terinfeksi virus disebut faringitis, kondisi ini juga dikeluhkan pada kasus flu biasa. Meski keduanya mirip, tetap saja, pasien Corona, lebih banyak mengeluhkan gejala COVID-19 umum lainnya.

Sejauh ini, tenggorokan gatal apakah Corona tak menjadi gejala COVID-19 umum yang dikeluhkan para pasien.



Simak Video "Begini Cara Aman Menyusui Bayi dari Ibu yang Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)