Rabu, 17 Feb 2021 22:39 WIB

Tips Menyusui Bayi Baru Lahir Agar ASI Lancar

Ardela Nabila - detikHealth
ilustrasi menyusui Tips menyusui (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Pasca kelahiran bayi, banyak ibu yang merasa kewalahan untuk mengurus bayinya. Apa lagi, karena masih dalam masa pemulihan usai persalinan. Hal ini kemudian kerap menguras emosi dan energi ibu serta dapat menyebabkan terjadinya kendala dalam menyusui.

Padahal, menyusui bayi harus dijadikan prioritas. Sehingga, jika dihadapi dengan situasi seperti ini, penting bagi ibu untuk mengontrol emosinya.

Kamu dapat meminta bantuan dari orang terdekat untuk mengurus bayi agar bisa mendapatkan istirahat yang cukup. Pasalnya, kurang tidur dapat menyebabkan terjadinya masalah lain. Selain itu, jika seorang ibu mengetahui mengenai trik untuk lebih mudah beradaptasi pasca melahirkan, hal ini tentunya akan mempermudah ibu.

Menurut seorang konselor laktasi internasional, Cathy Garbin, cara terbaik menyusui bayi yang baru lahir adalah dengan menempelkannya dan membiarkan bayi mengisap ASI secara berirama agar bayi dapat mulai mengaktifkan sel-sel di payudara untuk memulai suplai ASI.

"Idealnya, bayi akan diletakkan di dada sesegera setelah dia lahir untuk memberinya akses ke payudara. Bayi mungkin akan segera mendapatkannya, dan mungkin juga tidak. Tetapi, berikan bayi Bunda kesempatan untuk melakukannya," ujarnya, dikutip dari laman Medela.

Garbin kemudian menyarankan kepada para ibu untuk membiarkan bayinya mencoba menemukan jalan ke payudara sampai ia mendapatkannya sendiri. Artinya, ibu dapat memperbanyak kontak skin to skin dengan bayi.

Hal tersebut dapat membuat oksitosin mengalir dalam tubuh ibu serta bayi yang nantinya akan memicu aliran ASI agar keluar dari payudara. Semakin cepat ibu mencoba proses ini, maka akan semakin cepat pula ASI dapat mengalir lancar dari payudara.

Selain langkah awal tersebut, terdapat pula beberapa tips lainnya yang dapat ibu pertimbangkan saat menyusui bayi yang baru lahir agar ASI dapat berjalan lancar. Apa saja tipsnya?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Solusi untuk Ibu Positif Covid-19 Bila Tak Sanggup Menyusui Bayi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)