Kamis, 18 Feb 2021 06:58 WIB

Untuk Guru hingga Ojol, Menkes Pertimbangkan 4 Model Vaksinasi

Vidya Pinandhita - detikHealth
Petugas menyuntikan vaksin COVID-19 kepada pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). Vaksinasi COVID-19 tahap kedua yang diberikan untuk pekerja publik dan lansia itu dimulai dari pedagang Pasar Tanah Abang. Vaksin COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 tahap 2 menyasar pejabat publik, mulai dari guru hingga ojek online. Ada 4 model vaksinasi yang dipertimbangkan, termasuk mendatangi kantor.

Salah satunya diterapkan pada para pedagang di Pasar Tanah Abang di hari pertama penyuntikan vaksin COVID-19 taham kedua, Rabu (17/2/2021). Selebihnya, prosedur vaksinasi untuk petugas layanan publik akan menyesuaikan lokasi petugas.

Vaksinasi untuk pedagang di Pasar Tanah Abang ini disebut pilot project lantaran menjadi percobaan pertama model vaksinasi di lokasi petugas.

"Memang vaksinasi hari ini pilot project. Kemarin kita coba di Istora, orang yang datang ke sana, kita coba berhasil. Ini pilot project kita coba orang tetap, kita yang datang. Ini model yang berbeda," terang Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin saat ditemui di Pasar Tanah Abang, Rabu (17/2/2021).

Menanggapi sejumlah catatan dari vaksinasi untuk petugas layanan publik hari ini, Menkes Budi menyebutkan, akan dilakukan evaluasi.

Pasalnya, vaksinasi hari ini adalah percobaan model vaksinasi pertama dengan mendatangi penerima vaksin.

Kemudian, vaksinasi untuk pedagang Pasar Tanah Abang ditargetkan akan berlangsung selama 5 hari sehingga diharapkan, aktivitas vaksinasi besok bisa berlangsung lebih baik.

"Kan ini masih ada 5 hari. Kalau ada kekurangan, bisa jadi masukan biar besok diperbaiki," imbuhnya.

Ia menambahkan, ada 4 model vaksinasi untuk petugas publik:

  • Pertama, petugas publik mendatangi fasilitas kesehatan.
  • Kedua, petugas vaksinasi mendatangi kantor-kantor dan tempat kerja.
  • Ketiga, petugas vaksinasi mendatangi lokasi keramaian.
  • Keempat, vaksinasi massal di 1 lokasi kemudian petugas pelayan publik yang datang.

"Kita akan atur tergantung jenis pekerjaannya," ujarnya.



Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)