Jumat, 19 Feb 2021 07:55 WIB

Mending PCR atau Rapid Test Antigen? Ini Pertimbangan Memilih Tes Corona

Vidya Pinandhita - detikHealth
Seorang warga mengikuti rapid tes antigen di Tebet, Jakarta, Selasa (29/12/2020). Rapid test antigen (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Bebagai jenis tes Corona saat ini mudah sekali diakses, dua yang cukup populer adalah RT PCR (real time polymerase chain reaction) dan rapid test antigen. Nah, bagaimana cara menentukan harus pakai yang mana?

Dokter spesialis mikrobiologi klinik dari Intibios Klinik, dr Enty, SpMK, menjelaskan ada kondisi tertentu yang membuat orang perlu memilih melakukan tes PCR atau antigen.

Dengan hasil yang lebih akurat, PCR disarankan untuk orang-orang yang tidak mengalami gejala, namun sempat bertemu dengan pasien COVID-19 yang sudah dinyatakan positif dalam 2 pekan terakhir.

Pasalnya, PCR lebih sensitif membaca virus. Orang yang terinfeksi virus namun tanpa gejala kemungkinan memiliki jumlah virus yang sedikit di tubuhnya. Dengan sensitivitas PCR, harusnya virus yang berjumlah sedikit tersebut bisa terdeteksi sehingga potensi hasil meleset bisa diminimalkan.


"PCR itu ibaratnya 10 copy saja bisa terdeteksi. Kalau antigen, dia butuh 1.000 - 10.000 copy baru bisa terdeteksi. Ada banyak faktor kenapa orang butuh PCR, atau butuhnya antigen. Pada orang yang tidak bergejala, antigen kurang tepat," terang dr Enty saat ditemui detikcom di Jakarta, Kamis (18/2/2021).

Meski begitu, orang yang mengalami gejala pun tetap disarankan untuk memilih tes Real Time PCR. Namun, memang pada kebanyakan kasus pasien bergejala, Rapid Test Antigen pun sudah mampu mendeteksi adanya virus pada tubuh.

"Apakah pada orang bergejala boleh dilakukan pemeriksaan PCR? Jawabannya tentu boleh, bahkan dianjurkan. Kenapa antigen jadi pilihan? Satu, dia cepat. Kedua, pada orang bergejala dia bisa punya sensitivitas tinggi. Tapi pada orang tidak bergejala, sensitivitasnya tidak setinggi pada orang yang bergejala," imbuhnya.



Simak Video "Korea Selatan Lakukan Tes COVID-19 pada Hewan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)