Jumat, 19 Feb 2021 13:07 WIB

Jepang Laporkan Varian Baru Corona, Sudah Ada 93 Kasus

Firdaus Anwar - detikHealth
Di tengah gencarnya vaksinasi COVID-19 di berbagai negara dunia, varian baru virus Corona kembali ditemukan. Varian baru virus Corona itu ditemukan di Jepang. (Foto: AP Photo/Eugene Hoshiko)
Jakarta -

Tantangan menghadapi pandemi semakin bertambah dengan munculnya berbagai varian baru Corona. Terbaru, Jepang melaporkan kemunculan varian yang jadi perhatian karena memiliki mutasi pada bagian spike protein yang memengaruhi kemampuan virus menular.

Kepala Sekretariat Kabinet Jepang, Katsunobu Kato, menjelaskan varian ditemukan pada 91 kasus infeksi di area Kanto dan dua kasus di bandara. Pemantauan akan diperketat karena dikhawatirkan varian ini lebih mudah menular dan resistan terhadap vaksin.

"Varian ini kemungkinan lebih mudah menular daripada COVID-19 pada umumnya dan bila terus menyebar secara lokal bisa berujung pada lonjakan kasus," kata Kato seperti dikutip dari Reuters, Jumat (19/2/2021).

Menurut National Institute of Infectious Diseases, varian yang ditemukan ini berbeda dari varian-varian lain yang menyebar secara sporadis di Jepang.

Kementerian Kesehatan Jepang juga sebelumnya sudah melaporkan 151 kasus varian baru virus Corona dari Inggris, Afrika Selatan, dan Brasil.

Hingga saat ini Jepang telah mengonfirmasi lebih dari 400 ribu kasus COVID-19 dengan 7.194 di antaranya meninggal dunia.



Simak Video "Jepang Temukan Mutasi Virus Corona Baru Bernama 'Eek'"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)