Sabtu, 20 Feb 2021 10:13 WIB

CT Value Tinggi Bukan Berarti 'Bebas' dari COVID-19, Ini Alasannya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Kasus positif COVID-19 di Indonesia terus bertambah dan diprediksi tembus 1 juta kasus di tengah penerapan PPKM dan dicanangkannya vaksinasi virus Corona. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

CT Value menjadi patokan jumlah virus pada tubuh pasien COVID-19. Namun dokter meluruskan, angka CT Value tidak selalu bisa menunjukan status aman-tidak aman pasien.

Dalam kesempatan wawancara sebelumnya, pakar biologi molekuler Ahmad Rusdan Utomo menjelaskan, CT Value adalah jumlah siklus dalam PCR yang dilakukan untuk mencari materi genetik virus dari sampel lendir atau hasil swab. Akan tetapi, angka nilai value berbanding terbalik dengan jumlah materi genetik virus.

Semakin tinggi angka CT Value dalam pemeriksaan, semakin sedikit jumlah virus dalam tubuh. Maka itu, CT Value yang tinggi kerap disimpulkan sebagai tanda aman bagi pasien.

Dokter mikrobiologi klinis dari Intibios Lab dr Enty, Sp. MK. menjelaskan, pasien dengan dengan CT Value yang sudah tinggi sebenarnya tidak selalu dalam kondisi aman. Jika masih terdapat gejala, pasien masih berpotensi kuat menularkan virus COVID-19 ke orang lain.

"Bisa saja kita sedang berada di fase awal atau akhir, jadi kita sakit tapi tidak sadar. Pas dicek, hasilnya negatif. Itu biasanya diinterpretasikan dokter dengan CT Value dan sebagainya. Tapi CT Value itu tidak serta merta jadi patokan bahwa kalo CT tinggi berarti sudah aman. Belum tentu, karena ada faktor klinis," ujar dr Enty saat ditemui detikcom di Jakarta, Kamis (18/12/2021).

Ia menjelaskan, jumlah virus yang sedikit bisa disebabkan infeksi sudah mau berakhir, atau justru baru memasuki tahap awal. Maka itu, gejala dan faktor klinis yang dikeluhkan pasien juga penting diperhatikan.

"Batasan tinggi itu berapa? Hari ke berapa pemeriksaan dari onset gejala tentu menjadi pertimbangan dalam interpretasi," imbuhnya.



Simak Video "Cara Membaca CT yang Benar untuk Pasien Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)