Sabtu, 20 Feb 2021 11:01 WIB

Catat! Dua Skema Pemberian Vaksin Corona untuk Lansia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Petugas menyuntikan vaksin COVID-19 kepada pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). Vaksinasi COVID-19 tahap kedua yang diberikan untuk pekerja publik dan lansia itu dimulai dari pedagang Pasar Tanah Abang. Ada dua skema pemberian vaksin corona pada kelompok lansia. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Vaksinasi Corona tahap kedua yang menyasar kelompok usia lanjut akan dilangsungkan pada minggu depan. Juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan ada dua skema pemberian vaksin Corona untuk kelompok lansia.

Pertama yakni secara mandiri. Kelompok lansia sudah mulai bisa mendaftarkan diri melalui website Kementerian Kesehatan dan KPC-PEN di covid-19.go.id.

"Di kedua website tersebut akan tersedia tautan yang dapat di klik sasaran lansia dan di dalamnya terdapat sejumlah pertanyaan yang harus diisi," kata Nadia dalam konferensi pers 'Vaksinasi Bagi Lansia' secara virtual, Jumat (19/2).

Dalam mengisi data tersebut, sasaran vaksinasi COVID-19 lansia dapat dibantu oleh keluarga ataupun pihak RT/RW setempat. Setelah mengisi formulir di salah satu situs tersebut, maka data peserta akan masuk ke Dinas Kesehatan (Dinkes) masing-masing provinsi sesuai dengan domisili.

Dalam link pendaftaran, lansia maupun pendamping akan diminta menjawab beberapa pertanyaan. Saat pelaksanaan vaksinasi, lansia yang memiliki komorbiditas tertentu diharuskan membawa surat rekomendasi dari dokter.

Skema kedua yakni dengan mengikuti program vaksinasi massal yang disediakan oleh organisasi atau institusi yang bekerja sama dengan Kemenkes atau Dinkes kota/kab/provinsi.

Setelah dipastikan ada informasi program vaksinasi massal, organisasi atau institusi tersebut akan melakukan pendataan pada sasaran masyarakat lansia di daerah masing-masing.

"Contoh institusi yang dimaksud seperti organisasi untuk para pensiunan ASN, PEPABRI, ataupun legiun veteran," tuturnya.



Simak Video "Simak 2 Alur Pendaftaran Vaksinasi untuk Lansia di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)