Senin, 22 Feb 2021 05:55 WIB

Round Up

Pedagang Sudah Mulai Vaksinasi COVID-19 Tahap Dua, Guru dan Lainnya Kapan?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Program vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan masih terus berjalan. Pemprov DKI Jakarta gelar vaksinasi massal di Istora Senayan, Jakarta. Vaksin COVID-19 (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 tahap dua sudah dimulai pada Rabu (17/2/2021). Ditargetkan 10 ribu pedagang Pasar Tanah Abang bisa tervaksinasi dalam waktu 5 hari.

Vaksinasi tahap kedua kali ini memprioritaskan lansia dan petugas layanan publik, pedagang pasar termasuk di antaranya. Kelompok lain yang juga masuk prioritas adalah ASN, TNI-Polri, pengemudi ojek online (ojol), dan juga guru.

Namun hingga saat ini, baru sebagian pedagang pasar yang sudah mulai mendapat vaksinasi. Sebagian lagi masih harus menunggu, karena sejumlah fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) masih berfokus menyelesaikan vaksinasi dosis dua untuk tenaga kesehatan yang memang belum selesai.

Hingga Minggu (21/2/2021), tercatat baru 1.227.918 nakes yang mendapat suntikan dosis pertama atau 83,6 persen dari sasaran vaksinasi tahap pertama. Sedangkan untuk dosis dua, baru sekitar 50 persen nakes yang mendapatkan.

Termasuk Guru hingga Ojol, Ini Prioritas Vaksinasi COVID-19 Tahap KeduaTermasuk Guru hingga Ojol, Ini Prioritas Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua Foto: infografis detikHealth

Lalu kapan giliran para guru, pendidik, dan petugas layanan publik lainnya?

"Kita sudah mulai. Nanti rencananya tanggal 24 itu di Jakarta sudah akan kita mulai," kata juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, dalam webinar PB IDI, Minggu (21/2/2021).

Secara bertahap, vaksinasi akan dimulai dari DKI dan ibukota 33 provinsi. Keterbatasan stok dan kendala distribusi vaksin menjadi alasan vaksinasi dilakukan secara bertahap dengan pendekatan cluster.

"Diatur nanti sesuai dengan stok vaksin yang diterima oleh teman-teman di dinas kesehatan provinsi dan kabupaten-kota," jelasnya.



Simak Video "Vaksin COVID-19 Karya RI Pakai Sel Dendritik, Ini Cara Kerjanya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)