Senin, 22 Feb 2021 08:32 WIB

Waspada! 80 Persen Penularan COVID-19 Terjadi di 5 Tempat Ini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Isolation Quarantine Coronavirus Covid 19 Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/Xesai)
Jakarta -

Penularan virus Corona kerap terjadi di tempat umum. Oleh karena itu masyarakat diimbau tetap tinggal di rumah dan jika terpaksa keluar, harus mematuhi protokol kesehatan.

Seperti yang diketahui, virus Corona bisa dengan cepat menyebar melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi. Saat ini kebanyakan pasien Corona tidak bergejala atau hanya mengembangkan gejala ringan yang membuat banyak dari pasien tak sadar telah terinfeksi.

Praktisi kesehatan Amerika Serikat (AS), dr Sanjay Gupta, mengatakan mayoritas penularan COVID terjadi di lima tempat. Dalam wawancaranya dengan CNN, dr Gupta menekankan tak perlu melakukan penguncian selama orang-orang terus memakai masker wajah dan menghindari lima lokasi sumber penularan terbesar.

"Ini benar-benar lima lokasi utama di mana 80 persen penularan virus terjadi di masyarakat kita," kata dr Gupta.

Tiga dari lima tempat dijadikan satu kategori yakni bar, kafe, dan restoran. Alasannya adalah pengaturan dalam ruangan dan banyaknya pelanggan perpotensi menimbulkan kerumunan. Selain itu, pelanggan harus melepas maskernya untuk makan dan minum.

Telah banyak studi yang memperlihatkan bahwa makan di dalam ruangan meningkatkan risiko penularan COVID. Satu studi bulan September yang diterbitkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menemukan bahwa sebagian warga AS yang dites positif COVID-19 melaporkan telah makan di restoran dalam 14 hari terakhir.

Dua lokasi lainnya yang disebutkan dr Gupta adalah hotel dan tempat ibadah. Hotel, terutama, karena begitu banyak orang yang melewatinya sepanjang hari, banyak di antaranya bisa jadi berasal dari bandara dan berpotensi menjadi penyebar COVID.



Simak Video "Sejumlah Negara Diminta WHO Kembali Lockdown"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)