Senin, 22 Feb 2021 18:55 WIB

Dukung Pemerintah Atasi Corona, Gojek Edukasi Manfaat Vaksin ke Driver

Nurcholis Maarif - detikHealth
Gojek Foto: Gojek
Jakarta -

Pemerintah terus berupaya menekan angka penyebaran COVID-19 di Indonesia. Salah satu cara yang tengah digencarkan adalah melalui program vaksinasi dan penegakan protokol kesehatan. Melihat situasi penting ini, Gojek berinisiatif untuk mendukung program pemerintah melalui sosialisasi lewat penyelenggaraan Kopdar Virtual bersama Mitra Gojek, sebuah forum komunikasi rutin antara para mitra dan manajemen.

Untuk menyukseskan inisiatif tersebut, Gojek menggandeng Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro. Gayung bersambut, dr Reisa pun menyosialisasikan pentingnya protokol kesehatan serta manfaat vaksin dengan gamblang dan informatif kepada 70 ribu mitra pengemudi yang merupakan peserta Kopdar (Kopi Darat) Virtual Mitra Gojek.

Head of Indonesia Regions Gojek Gede Manggala mengatakan langkah Gojek mengadakan Kopdar Virtual merupakan bagian dari komitmen Gojek untuk berkolaborasi dengan Pemerintah dalam melakukan sosialisasi terkait pentingnya menjaga protokol kesehatan serta manfaat vaksin.

"Dengan dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat, termasuk mitra-mitra Gojek, kami berharap kebijakan pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19 ini dapat berjalan dengan lancar," ujar dia dalam keterangan tertulis, Senin (22/2/2021).

Kepada Mitra Gojek, dr Reisa menyebutkan bahwa keberadaan vaksin sama pentingnya dengan menjalankan protokol kesehatan. Vaksin adalah salah satu alat untuk melindungi kita. Kita perlu alat-alat lainnya untuk melindungi kita, salah satunya adalah dengan menjalankan 3M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

"Vaksin COVID-19 kita manfaatkan untuk mengurangi jumlah orang yang sakit (bergejala) akibat COVID-19. Semakin banyak orang yang punya kekebalan khusus karena vaksin, semakin banyak orang-orang disekitarnya yang jadi terlindungi juga. Ini disebut kekebalan kelompok," ujarnya.

"Ketika semua sudah kebal, virusnya tidak bisa lagi menghinggapi orang-orang. Inilah yang menyebabkan virusnya bisa hilang dari muka bumi," tambah dr Reisa.

Di kesempatan yang sama, dr Reisa turut mengapresiasi langkah yang dijalankan Gojek dalam menyelenggarakan Kopdar Virtual ini. Menurutnya, hal ini turut membantu percepatan penanganan pandemi COVID-19.

"Forum Kopdar Mitra Gojek efektif untuk membangun pengetahuan serta kedisiplinan masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19. Diharapkan semakin banyak masyarakat luas yang memahami pentingnya menjaga protokol kesehatan serta manfaat vaksin, sebagai upaya bersama melawan pandemi COVID-19," ungkapnya.



Simak Video "Dokter Reisa: Vaksin Baru Satu Kali Suntik Tak Bisa Kebal 100% dari COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)