Jumat, 26 Feb 2021 05:51 WIB

Round Up

Cara Daftar dan Cek Jadwal Vaksin COVID-19 Simpang Siur, Mana yang Benar?

AN Uyung Pramudiarja, Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Sebanyak 3000 tenaga kesehatan mengikuti vaksinasi masal di gedung Grha Sabha Pramana UGM, Yogyakarta, Kamis (28/1/2021). Vaksinasi masal tersebut diselenggarakan oleh RSUD dr. Sardjito Yogyakarta. Ini merupakan tahap pertama vaksinasi masal khusus bagi tenaga kesehatan di D. I. Yogyakarta. Vaksinasi COVID-19 (Foto: PIUS ERLANGGA)
Jakarta -

Menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan informasi tentang cara daftar dan cek jadwal vaksinasi COVID-19 hanya akan membuat frustrasi. Untuk saat ini, ada banyak versi yang tersaji di halaman pencarian dan tak semua bisa digunakan.

Cara daftar vaksinasi COVID-19 misalnya, masih banyak yang yang mengarahkan ke aplikasi maupun website PeduliLindungi.id. Faktanya, pendaftaran melalui layanan ini sudah tidak lagi dilayani, setidaknya untuk sementara waktu.

"Saat ini registrasi ulang vaksinasi COVID-19 belum dibuka kembali, periksa secara berkala di situs PeduliLindungi.id," demikian informasi yang tertera di halaman muka.

cek jadwal vaksinCek jadwal vaksinasi melalui PeduliLindungi.id Foto: Tangkapan layar pedulilindungi.id

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, menjelaskan bahwa untuk saat ini pendaftaran vaksinasi lansia memang tidak dilakukan melalui aplikasi. Gantinya, Kemenkes membuka beberapa link pendaftaran melalui situs kemenkes.

"Jadi pakai pendaftaran di website kemkes atau melalui organisasi," jelasnya, Kamis (25/2/2021).

Daftar Vaksin Covid Lansia di Mana? Ini Kumpulan Link ResminyaDaftar Vaksin Covid Lansia di Mana? Ini Kumpulan Link Resminya Foto: infografis detikHealth

Demikian pula dengan cara cek jadwal vaksinasi. Lagi-lagi, mayoritas menyarankan untuk cek di layanan Pedulilindungi.id, yang ternyata juga tidak banyak membantu. Banyak yang statusnya 'Siap untuk vaksinasi', tetapi tidak ada informasi apapun tentang jadwal penyuntikan.

Sebaliknya, beberapa orang yang sudah mendapat jadwal penyuntikan, dan bahkan sudah mendapat suntikan pertama, namanya malah tidak terdaftar di website tersebut. Informasi tentang jadwal penyuntikan biasanya mereka dapatkan dari organisasi atau institusi yang mendaftarkan mereka secara offline.

Ada 2 Cara Daftar Vaksinasi COVID-19 Lansia, Cek di SiniAda 2 Cara Daftar Vaksinasi COVID-19 Lansia, Cek di Sini Foto: infografis detikHealth

Dalam sosialisasi beberapa waktu lalu, dr Nadia menjelaskan bahwa Kemenkes memang membuka mekanisme vaksinasi massal melalui organisasi atau instansi yang bekerja sama dengan kemenkes maupun dinas kesehatan. Organisasi atau instansi tersebut akan menentukan sendiri jadwal serta lokasi vaksinasi untuk lansia.

Bagaimanapun, kesimpangsiuran informasi ini telah memicu kebingungan di kalangan lansia dan keluarga yang mendampinginya. Dampaknya, antrean terjadi di beberapa fasilitas layanan kesehatan karena beberapa lansia mengira bisa langsung datang dan mendaftar on the spot.

Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito memastikan sistem antrean akan diperbaiki. Diharapkan, kejadian viral antrean lansia yang hendak mengikuti vaksinasi tidak terulang di kemudian hari.

"Kementerian Kesehatan dan juga fasilitas kesehatan akan terus memperbaiki sistem antrean pemberian vaksin sehingga lansia dapat lebih mudah mendapatkan informasi jadwal pemberian vaksin, dan juga menyesuaikan waktu kedatangannya di lokasi fasilitas kesehatan," tegasnya.

Punya keluhan terkait cara daftar dan cek jadwal vaksin COVID-19? Atau sudah ada pengalaman dan ingin berbagi tips? Tuliskan di komentar.



Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)