Jumat, 26 Feb 2021 06:30 WIB

Musim Hujan Bikin Beser Sering Pipis, Mengapa Ya?

Ardela Nabila - detikHealth
Toilet Cuaca dingin bikin beser (Foto: iStock)
Jakarta -

Saat cuaca dingin, seperti musim hujan, kebanyakan orang sering kali merasa ingin membuang air kecil. Ternyata, hal tersebut merupakan salah satu reaksi tubuh terhadap suhu dingin, sehingga sering merasa ingin membuang air kecil saat cuaca dingin merupakan hal yang normal.

Sebenarnya, kondisi di mana kamu sering merasa ingin buang kecil saat cuaca dingin ini disebut dengan "cold diuresis".

Apa itu cold diuresis?

Dikutip dari AccuWeather, cold diuresis merupakan kondisi saat badan terpapar oleh udara dingin yang menyebabkan pembuluh darah menjadi menyempit secara alami. Hal ini terjadi agar tubuh bisa menyalurkan darah ke organ-organ vital.

Seperti diketahui, ginjal memiliki fungsi untuk menyaring limbah atau kotoran dari darah. Pada suhu normal, tubuh akan memproduksi sekitar 2 liter urine setiap harinya.

Namun, cuaca dingin menyebabkan tubuh menyaring lebih banyak darah. Sebab, darah dalam tubuh lebih cepat mengalir ke organ-organ vital dalam jumlah tinggi. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kamu menjadi lebih sering membuang air kecil.

Biasanya, kebanyakan orang akan mengurangi frekuensi meminum air putih agar tidak terlalu banyak membuang air kecil, sementara sebagian lainnya cenderung menahan membuang air kecil. Tetapi, ternyata hal ini bukan solusi sehat. Pasalnya, hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya infeksi saluran kemih dan tetap meminum air putih dapat menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

Meski cold diuresis merupakan hal yang normal, kamu tetap harus memperhatikan seberapa sering kamu membuang air kecil. Sebab, para ahli mengatakan bahwa meningkatkan keinginan untuk membuang air kecil juga menjadi salah satu tanda kamu mengalami hipotermia, yakni kondisi dimana suhu tubuh menurun secara drastis dan dapat menyebabkan menggigil, napas menjadi pendek, hingga kematian.



Simak Video "Yang Perlu Diperhatikan Pasien Lansia Pasca Operasi Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)