Jumat, 26 Feb 2021 09:31 WIB

6 Isyarat Sakit Jantung, Penyakit di Balik Meninggalnya Istri Ketua MK

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
White chalk drawing as black ribbon shape on black board background (Concept for symbol of remembrance or mourning) Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/bankrx)
Jakarta -

Kabar duka datang dari Mahkamah Konstitusi (MK). Istri Ketua MK Anwar Usman, Suhada Ahmad Sidik meninggal dunia disebut karena penyakit jantung.

"Innalilahi wa Inna ilaihi rojiun Telah berpulang ke Rahmatullah Ibu Suhada Anwar Usman (istri Ketua Mahkamah Konstitusi RI) pada hari ini Jumat pukul 07.08 WIB di RS Bethsaida, Serpong," kata jubir MK, Fajar Laksono kepada detikcom, Jumat (26/2/2021).

Beberapa orang mungkin kerap tak menyadari gejala penyakit jantung yang memicu kondisi fatal sebelumnya. Dikutip dari Web MD, sederet gejala penyakit jantung ini tak boleh diabaikan.

1. Rasa tidak nyaman di dada

Rasa tidak nyaman di dada adalah tanda bahaya pada jantung yang paling umum. Jika memiliki arteri tersumbat, atau mengalami serangan jantung, rasa sesak, nyeri, tekanan di dada akan muncul.

"Setiap orang menggambarkan rasa nyaman di dada secara berbeda," kata dr Charles Chambers, direktur Laboratorium Kateterisasi Jantung di Penn State Hershey Heart and Vascular Institute.

"Beberapa orang mengatakan itu seperti gajah yang duduk di atasnya," lanjutnya.

Rasa tidak nyaman di dada bisa berlangsung lebih dari beberapa menit, biasanya muncul saat seseorang tengah istirahat hingga melakukan aktivitas berat. Jika rasa nyeri tak kunjung hilang, segera mencari pertolongan medis.

2. Mual, gangguan Pencernaan, hingga mulas atau sakit perut

Beberapa orang yang mengidap penyakit jantung mengeluhkan gejala ini sebelum mengalami serangan jantung. "Mereka bahkan mungkin muntah," kata Chambers.

Menurutnya, wanita lebih mungkin melaporkan jenis gejala ini daripada pria. Sakit perut juga bisa menjadi gejala penyakit jantung serius, tetapi tentu tak selalu berkaitan dengan jantung karena bisa saja terjadi karena makanan.

3. Nyeri yang menyebar ke lengan

Hati-hati dengan rasa nyeri yang menyebar ke lengan, gejala ini bisa menjadi tanda berbahaya.

"Ini hampir selalu dimulai dari dada dan bergerak ke luar," kata Chambers.

"Tetapi saya memiliki beberapa pasien yang sebagian besar mengalami nyeri lengan yang ternyata serangan jantung," bebernya.

4. Merasa pusing atau pening

Gejala penyakit jantung yang juga tak boleh diabaikan adalah kehilangan keseimbangan atau merasa lemas. Waspada jika tiba-tiba kondisi tubuh menjadi tak stabil dan ada rasa tak nyaman di dada hingga merasa sesak napas.

"Ini bisa berarti tekanan darah Anda turun karena jantung Anda tidak dapat memompa sebagaimana mestinya," kata dr Vincent Bufalino, juru bicara American Heart Association.

5. Sakit tenggorokan atau rahang

Meski kerap terjadi karena penyakit lain, jika memiliki masalah jantung sebelumnya, kamu perlu waspada dengan kondisi ini.

Umumnya rasa nyeri atau tekanan di bagian dada bisa menyebar hingga ke tenggorokan atau rahang, dan ini bisa menjadi gejala penyakit jantung yang berbahaya, hingga menyebabkan serangan jantung.

6. Mudah lelah

Pernah tiba-tiba merasa lelah hingga kehabisan napas setiap menaiki tangga atau membawa barang-barang berat dalam jarak dekat? Kamu perlu waspada.

"Jenis perubahan signifikan ini lebih penting bagi kami daripada setiap rasa sakit dan sakit kecil yang mungkin Anda rasakan," kata Bufalino.

Kelelahan yang ekstrim atau kelemahan yang tidak dapat dijelaskan, terkadang selama berhari-hari, bisa menjadi gejala penyakit jantung, terutama bagi wanita.



Simak Video "Kerja Tak Kenal Waktu, Ini Risikonya untuk Kesehatan!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)