Jumat, 26 Feb 2021 17:33 WIB

Bio Farma Mulai 'Dekati' Sinopharm dan Moderna untuk Vaksin Gotong Royong

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ribuan tenaga kesehatan (nakes) menjalani vaksinasi COVID-19 di Surabaya. Ada 4 ribu lebih nakes yang disuntik vaksin COVID-19. Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Jakarta -

Juru bicara vaksinasi Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan pembicaraan dengan berbagai produsen vaksin Corona untuk pengadaan program vaksinasi mandiri atau vaksinasi gotong royong.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021, disebutkan bahwa vaksin Corona yang digunakan untuk vaksinasi gotong royong haruslah berbeda dengan vaksin yang dipakai dalam vaksinasi program pemerintah, seperti vaksin buatan Sinovac, Novavax dan AstraZeneca.

"Saat ini Bio Farma sudah mulai menjajaki dan melakukan pembicaraan suplai vaksin dengan prinsip harus berbeda dengan vaksin program," kata Bambang dalam konferensi pers, Jumat (26/2/2021).

"Contohnya kami mulai bekerja sama melakukan pembicaraan dengan Sinopharm, ini perusahaan dari Beijing China, dengan platform inactivated sama seperti Sinovac," tambahnya.

Lebih lanjut, kata Bambang, nantinya pengadaan vaksin Corona buatan Sinopharm akan dilakukan oleh PT Kimia Farma Tbk. Kemudian, vaksin Corona kedua yang saat ini sedang dalam penjajakan kerja sama adalah vaksin buatan Moderna dari Amerika Serikat.

"Kemudian ada jenis yang lain, ini kita sedang menjajaki kerja sama dengan Moderna, vaksin dari Amerika Serikat, dengan platform mRNA," ucap Bambang.

Bambang pun mengatakan Bio Farma akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak demi kelancaran program vaksinasi COVID-19 di Indonesia.

"Kita akan berkoordinasi erat dengan berbagai pihak, terutama Kementerian Kesehatan untuk menyiapkan agar seluruh program vaksinasi, baik vaksinasi program maupun vaksinasi gotong royong bisa berjalan lancar dengan baik," tuturnya.



Simak Video "Benarkah Vaksinasi Gotong Royong Buat Orang Kaya? Ini Faktanya!"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)