Jumat, 26 Feb 2021 19:06 WIB

Yogya Mulai Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia, Target 'Sak Rampunge'

Pradito Rida Pertana - detikHealth
Ratusan tenaga pendidik menjalani vaksinasi COVID-19 hari ini. Vaksinasi itu dilakukan agar sekolah bisa memulai belajar tatap muka pada tahun ajaran baru. Ilustrasi vaksin COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy)
Yogyakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memulai pencanangan vaksinasi untuk lansia hari ini. Pemkot menyebut untuk awalan vaksinasi ini akan menyasar sekitar 10 ribuan lansia dari jumlah keseluruhan 40 ribu lansia.

"Jadi hari ini itu pencanangan vaksinasi bagi warga lansia. Walaupun kemarin ada tokoh masyarakat yang berusia lansia, tapi hari ini resmi Pemkot mencanangkan vaksinasi massal COVID-19 untuk lansia," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat ditemui di Rumah Sakit Pratama, Kota Yogyakarta, Jumat (26/2/2021) sore.

Haryadi melanjutkan, vaksinasi untuk warga berusia lebih dari 60 tahun ini akan dilakukan secara bertahap. Untuk pencanangan sendiri, hari ini ada 20 lansia yang mendapatkan vaksinasi COVID-19.

"Jadi ini dilakukan secara bertahap. Jumlah lansia kota 46 ribu, ini dimulai 20 orang dari masing-masing perwakilan lansia di Kecamatan se-Kota Yogya dan 6 orang dari komisariat daerah lansia," ucapnya.

Menyoal target selesainya vaksinasi untuk lansia, Haryadi mengaku ada target khusus namun akan dilakukan secepatnya. Saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan secara masif.

"Sak rampunge (sampai selesai). Untuk pendataan nanti ada pendataan teritorial dan kita kan punya komda lansia di kelurahan untuk mendata lansia," katanya.

"Yang jelas tidak usah khawatir, nanti semua kebagian, hanya masalah waktu saja. Karena vaksin sudah tersedia 46 ribu per hari ini," imbuh Haryadi.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani menyebut peruntukan vaksinasi lansia sementara hanya untuk warga Kota Yogyakarta. Untuk termin pertama, pihaknya menargetkan 10 ribu orang lansia akan menjalani vaksinasi COVID-19.

"Jadi hanya ibukota provinsi yang mendapatkan jatah vaksinnya. Kita kan punya 46.440 lansia, dan ini baru sekitar 10 ribuan yang dapat," katanya saat ditemui di tempat yang sama.

Terkait pendaftaran, dia meminta lansia untum segera mendaftar. Pendaftaran bisa secara online maupun kolektif.

"Bisa daftar sendiri bisa kolektif. Ini memang kami masih melihat untuk pendaftarannya ini sudah ada 6 ribu lansia mendaftar, tapi belum kami pilah karena itu jumlah se-DIY dan yang diutamakan (vaksinasi) Kota (Yogyakarta) terlebih dahulu," ujarnya.



Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)