Minggu, 28 Feb 2021 11:41 WIB

5 Fakta Kanker Hati, Penyakit yang Diidap Paman Tat Sebelum Meninggal

Ardela Nabila - detikHealth
Liver cancer concept photo. Anatomical shape of liver lies near letters composing word cancer surrounded by set of tests, analysis, drugs, MRI and stethoscope. Diagnosis treatment of cancerous liver Fakta-fakta kanker hati di balik meninggalnya Ng Man Tat 'Paman Boboho' (Foto: iStock)
Jakarta -

Aktor asal Hong Kong Richard Ng Man Tat atau yang dikenal dengan sebutan Paman Tat meninggal dunia pada Sabtu (27/2/2021) pukul 17.16 waktu setempat. Aktor yang sering muncul dalam film Boboho itu meninggal karena mengidap kanker hati di Union Hospital.

Menurut Ten Tin Kai-Man, teman dekat yang juga sesama aktor, Paman Tat meninggal dunia dalam keadaan tertidur setelah diberikan obat oleh dokter agar ia merasa lebih baik.

Kanker hati seperti diidap Paman Tat merupakan jenis kanker yang gejalanya kerap tidak terdeteksi. Saat terdeteksi, kadang-kadang kondisinya telanjur memburuk dan sulit diatasi.

Sel kanker yang terus berkembang di hati dapat menghancurkan sel-sel hati yang dapat mengganggu fungsi hati. Dikutip dari Healthline, berikut 5 fakta kanker hati yang harus kamu ketahui.

1. Jenis

Kanker hati terbagi menjadi dua jenis, yaitu kanker hati primer dan kanker hati sekunder. Kanker hati primer merupakan kanker yang berasal dari sel hati, sementara kanker hati sekunder merupakan kanker yang berkembang saat sel kanker dari organ lain menyebar ke hati.

2. Gejala

Kebanyakan orang yang mengidap kanker hati sering kali tidak mengalami adanya gejala pada stadium awal. Namun, sejumlah gejala umum yang terjadi jika terdapat sel kanker pada hati meliputi:

  • Nyeri pada perut
  • Kulit dan mata menguning (penyakit kuning)
  • Mual dan muntah
  • Mudah memar atau berdarah
  • Tubuh terasa lemas dan mudah lelah

3. Faktor risiko

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker hati, yaitu:

  • Kanker hati biasanya terjadi pada orang-orang berusia di atas 50 tahun
  • Infeksi hepatitis B atau C dalam jangka waktu lama
  • Mengonsumsi alkohol setiap selama bertahun-tahun
  • Sirosis atau kerusakan hati kronis yang dapat merusak fungsi hati, sehingga menyebabkan terjadinya komplikasi, seperti kanker hati
  • Mengidap diabetes dan obesitas

Bagaimana pencegahan dan pengobatan kanker hati seperti diidap Ng Man Tat 'Paman Boboho' sebelum meninggal? Simak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kenali Gejala Dini Kanker Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]