Minggu, 28 Feb 2021 11:41 WIB

5 Fakta Kanker Hati, Penyakit yang Diidap Paman Tat Sebelum Meninggal

Ardela Nabila - detikHealth
Liver cancer concept photo. Anatomical shape of liver lies near letters composing word cancer surrounded by set of tests, analysis, drugs, MRI and stethoscope. Diagnosis treatment of cancerous liver Fakta-fakta kanker hati di balik meninggalnya Ng Man Tat 'Paman Boboho' (Foto: iStock)

4. Pencegahan

Meski tidak selalu bisa dicegah, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya kanker hati, yakni dengan mengambil langkah yang tepat untuk mencegah kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan kanker hati.

Vaksinasi hepatitis B

Vaksinasi hepatitis B dapat dilakukan pada anak-anak hingga orang dewasa yang memiliki risiko tinggi terinfeksi. Biasanya, vaksinasi diberikan sebanyak tiga kali suntikan dalam kurun waktu enam bulan.

Pencegahan hepatitis C

Pencegahan infeksi hepatitis C dapat dilakukan dengan berbagai cara, yakni dengan selalu menggunakan pelindung saat berhubungan seks serta tidak mengonsumsi obat-obatan terlarang.

Pencegahan sirosis

Risiko terjadinya sirosis dapat diturunkan dengan membatasi konsumsi alkohol serta menjaga berat badan dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi.

5. Pengobatan

Pengobatan jika seseorang sudah didiagnosis mengidap kanker hati dapat berbeda-beda. Pasalnya, terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan sebelum dokter menentukan jenis pengobatan yang tepat, yaitu:

  • Jumlah, ukuran, dan lokasi tumor pada hati
  • Apakah hati masih berfungsi dengan baik
  • Apakah terdapat sirosis
  • pakah sel kanker telah menyebar ke organ lainnya

Jika telah ditentukan faktor-faktor di atas, maka ada beberapa pengobatan pada pasien pengidap kanker hati. Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kenali Gejala Dini Kanker Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]