Minggu, 28 Feb 2021 17:35 WIB

Selain Millen Cyrus, 5 Artis Ini Juga Pernah Ketahuan Konsumsi Benzo

Firdaus Anwar - detikHealth
Millen Cyrus terjaring operasi protokol kesehatan Millen Cyrus terjaring razia protokol kesehatan. (Foto: Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Selebgram Millen Cyrus diamankan polisi setelah tes urinenya positif obat benzodiazepine (benzo). Millen Cyrus diketahui terjaring razia protokol kesehatan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya di Brotherhood Kafe, Jakarta Selatan, Minggu (28/2/2021) dini hari.

"Dari tempat ini ada kita periksa selebgram satu orang inisial MC bersama temannya, positif benzo," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juharsa di lokasi.

Benzodiazepine adalah obat psikotropika yang biasanya dipakai untuk mengatasi gangguan kecemasan. Pemakaian benzodiazepine tanpa resep dokter dikategorikan sebagai penyalahgunaan dan bisa dipidana.

Selain Millen Cyrus, beberapa artis ini juga pernah diamankan polisi karena ketahuan mengonsumsi benzodiazepine. Berikut rangkuman detikcom dari berbagai sumber:

1. Roy Kiyoshi

Artis Roy Kiyoshi yang terkenal sebagai paranormal ditangkap polisi pada bulan Mei 2020 lalu setelah hasil tes urinenya positif benzodiazepine. Polisi juga mengamankan barang bukti 21 butir obat tersebut.

Salah satu sahabat, Henry Indraguna, menyebut Roy mengonsumsi benzodiazepine untuk mengatasi masalah sulit tidur.

2. Tora Sudiro dan Mieke Amalia

Aktor Tora Sudiro bersama istrinya, Mieke Amalia, sempat diamankan polisi pada bulan Agustus 2017 silam. Polisi menyita 30 pil obat Dumolid yang merupakan salah satu jenis benzodiazepine dari keduanya.

"Pengakuannya karena susah tidur. Itu saja," kata Kasat Narkoba Polres Jaksel Kompol Vivick Tjangkung saa itu.

3. Fachri Albar

Di bulan Februari 2018, polisi menangkap aktor Fachri Albar karena terbukti mengonsumsi berbagai obat-obatan terlarang. Putra Ahmad Albar ini ditangkap dengan barang bukti berupa sabu, ganja, dumolid (benzodiazepine), dan camlet.

4. Lucinta Luna

Selebgram Lucina Luna diamankan polisi di awal tahun 2020 lalu ketika dirinya terbukti positif mengonsumsi benzodiazepine dan amphetamine. Menurut polisi, Lucinta mengaku menggunakan psikotropika dan narkoba karena kondisi psikologisnya yang depresi.

"Ya logikanya banyak orang stres, tapi tidak harus gunakan narkoba," komentar Kapolres Jakarta Barat Kombes Audie S Latuheru kala itu.

5. Reza Alatas

Artis Reza Alatas ditangkap polisi pada bulan April 2020 silam terkait penyalahgunaan narkoba jenis sabu. Setelah dites, Reza ternyata positif mengonsumsi total tiga obat-obatan yaitu metamfetamin, amfetamin, dan benzodiazepine.

"Sabu 0,25 gram sudah dipakai, buktinya yang bersangkutan positif metamfetamin, amfetamin, dan benzo. Hasil sementara 3 positif ini," kata polisi dalam keterangannya.



Simak Video "Mengenal Benzodiazepine, Obat yang Dipakai Millen Cyrus"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)