Senin, 01 Mar 2021 19:05 WIB

Doni Monardo Ceritakan Rasanya Donor Plasma Konvalesen Usai Sembuh dari Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Doni Monardo Foto: Doni Monardo (Dok. BNPB)
Jakarta -

Hari ini, Senin (1/3/2021) Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo melakukan donor plasma konvalesen yang pertama kalinya sejak dinyatakan sembuh dari COVID-19 pada 13 Februari 2021 lalu.

"Ini adalah pertama kali saya menjadi atau memberikan donor plasma konvalesen, sejak tanggal 12 Februari yang lalu saya dinyatakan negatif COVID-19. Setelah saya juga dirawat selama 20 hari," kata Doni dalam talkshow perkembangan penggunaan plasma konvalesen di YouTube BNPB, Senin (1/3/2021).

Sebelum menjalani donor plasma konvalesen pada Jumat (26/2/2021) lalu, ia sudah menjalani pemeriksaan kesehatan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ia layak menjadi salah satu donor plasma konvalesen tersebut.

Bagaimana cerita Doni Monardo saat menjalani donor plasma konvalesen?

"Rasanya sama seperti kita mendonorkan darah biasa. Hanya ini perlengkapannya agak banyak dan tidak menakutkan," ujarnya.

"Tidak ada perasaan lain yang mencolok. Sudah diperiksa semuanya, tensi juga bagus, jadi dengan pemeriksaan awal kesehatan mudah-mudahan tidak ada hambatan," lanjutnya.

Doni juga berharap, agar para penyintas COVID-19 bisa sukarela menjadi donor plasma konvalesen ini. Menurutnya, tindakan ini bisa membantu menyelamatkan pasien yang masih dirawat karena infeksi COVID-19.

"Jadi sekali lagi, donor kita ini bisa membantu menyelamatkan jiwa manusia, saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga gerakan ini bisa menjadi sebuah semangat kita untuk saling berbagi," pungkasnya.



Simak Video "Masuk ke RI, Ini Deretan Negara yang Paling Banyak Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)