Senin, 01 Mar 2021 20:24 WIB

WHO Sebut COVID-19 Bakal Jadi Endemik, Ini Pengertian dan Daftar Penyakitnya

Puti Yasmin - detikHealth
Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga kelompok lanjut usia (lansia) saat vaksinasi massal di SMA Negeri 8 Jakarta, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (1/3). Foto: Agung Pambudhy/WHO Sebut COVID-19 Bakal Jadi Endemik, Ini Pengertian dan Daftar Penyakitnya
Jakarta -

Badan Kesehatan Dunia atau WHO mengatakan bahwa COVID-19 kemungkinan akan menjadi endemik. Hal ini disebutkan dalam konferensi pers tahun lalu, yakni (29/12/2020).

Bahkan, sebelumnya di Mei 2020, Ketua Kelompok Penasihat Strategis dan Teknis WHO untuk Bahaya Penyakit Menular Professor David Heymann memprediksi virus corona akan berada lama di bumi, sehingga manusia harus terbiasa hidup bersama dengan virus COVID-19.

"Tampaknya takdir SARS-CoV-2 (Covid-19) menjadi endemik, seperti empat virus corona lain (yang juga) menginfeksi manusia," jelas dia kala itu.

Lantas, Apa Itu Endemik?

Dikutip dari Very Well Health, endemik adalah penyakit yang selalu ada populasi atau wilayah tertentu. Contoh penyakit endemik adalah malaria yang terjadi di sebagian besar wilayah Afrika dan Amerika Selatan.

Penyakit endemik selalu muncul dalam suatu kelompok atau wilayah geografis. Penyakit ini berkembang dari epidemi, yang tadinya suatu penyakit dan menyebar ke satu hingga beberapa populasi.

Pakar penyakit menular Dr Pritish Tosh dari Mayo Clinic menjelaskan bahwa endemik adalah penyakit yang terjadi di beberapa wilayah dalam rentang waktu tertentu.

"Dalam istilah epidemiologi, wabah mengacu pada sejumlah kasus yang melebihi apa yang diharapkan. Pandemi adalah ketika ada wabah yang menyerang sebagian besar dunia. Kami menggunakan istilah endemik ketika ada infeksi dalam lokasi geografis yang ada selamanya," jelas Dr Pritish.

Sementara itu, dikutip dari website resmi University of Puget Sound, cara mencegah penyakit endemik atau penyebaran penyakit menular adalah dengan rajin mencuci tangan, melakukan vaksinasi, hingga berada di dalam rumah bila mengalami gejala infeksi.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)