Selasa, 02 Mar 2021 12:32 WIB

Kejutan 2 Kasus Mutasi B117 Tepat Setahun Sejak 2 Kasus Pertama COVID-19 RI

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Dinas Kesehatan Provinsi Jakarta melakukan sterilisasi di Amigos Cafe, Kemang, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Sterilisasi ini dilakukan karena dugaan warga negara jepang yang terinfeksi virus corona pernah singgah ketempat ini. Restoran 'Amigos' yang dikaitkan dengan temuan 2 kasus pertama covid-19. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Varian baru Corona Inggris B117 yang diyakini 70 persen lebih menular sudah masuk Indonesia. Hal ini diungkap dr Dante Saksono Wakil Menteri Kesehatan RI, tepat setahun sejak temuan 2 kasus pertama COVID-19 di Indonesia pada 2 Maret 2020.

Wamenkes mengumumkan ada dua kasus varian Corona Inggris B117 yang ditemukan di Indonesia saat ini.

"Saya mendapatkan informasi bahwa tepat dalam setahun ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia," ungkapnya dalam konferensi pers setahun pandemi Corona RI, Selasa (2/3/2021).

"Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus. Artinya apa, artinya kita kana menghadapi pandemi ini dengan tingkat kesulitan yang maiin berat," lanjutnya.

Tepat setahun lalu, Presiden RI Joko Widodo juga melaporkan dua kasus pertama Corona. Diketahui mereka tertular usai berkontak dengan WN Jepang yang sempat ke Indonesia.

"Ternyata orang (WN Jepang, red) yang terkena virus Corona berhubungan dengan 2 orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," kata Jokowi di Istana Negara, Senin (2/3/2020).

"Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif Corona," ujar Jokowi.



Simak Video "Pakar Ingatkan Kemungkinan Varian Covid-19 Baru Lahir di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)