Selasa, 02 Mar 2021 16:25 WIB

Mutasi Corona B117 Sudah Masuk Indonesia, Apa Dampaknya? Ini Kata Pakar

Ayunda Septiani - detikHealth
Swab test PCR (Polymerase Chain Reaction) masih menjadi pilihan masyarakat untuk mengetahui status COVID-19. Virus Corona COVID-19 (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Varian baru virus Corona Inggris B117 yang diyakini 70 persen lebih menular sudah masuk Indonesia. Wakil Menteri Kesehatan RI dr Dante Saksono mengumumkan ada dua kasus varian Corona Inggris atau B117 yang ditemukan.

"Saya mendapatkan informasi bahwa tepat dalam setahun ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia," ungkapnya dalam konferensi pers setahun pandemi Corona RI, Selasa (2/3/2021).

"Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus. Artinya apa, artinya kita kana menghadapi pandemi ini dengan tingkat kesulitan yang makin berat," lanjutnya.

Apakah varian baru virus Corona Inggris ini bakal mendominasi di Indonesia?

Dr Masdalina Pane dari Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia menyebut varian B117 belum bisa dipastikan mendominasi atau bakal memicu lonjakan kasus COVID-19. Terlebih baru dua kasus yang ditemukan sejauh ini.

"Jadi 2 kasus ini tidak bisa kita bilang dominasi, virus kan terus bermutasi, cuman permasalahannya mutasi itu apakah berbahaya atau tidak, tanda mutasi berbahaya, itu," jelas Dr Pane saat dihubungi detikcom, Selasa (2/3/2021).

Ada hal yang harus diperhatikan dalam kasus varian Corona B117 ini, menurut Dr Pane, kita harus melihat dari tren kasus penularannya tinggi atau tidak. Selain itu, kita juga harus melihat kondisi-kondisi yang menyebabkan seseorang menjadi fatal.

Pane mengimbau agar masyarakat memperketat protokol COVID-19. Sebab, sejauh ini mutasi Corona B117 lebih mudah menular.

"Apakah yang dilakukan, protokol lebih ketat," kata Pane.

Mobilitas warga menurut Pane juga perlu dibatasi. Harus adanya kedisplinan dalam mengendalikan mobilitas tersebut.

"Standar pengendalian masyarakat harus lebih disiplin," bebernya.

Satu hal yang menjadi catatan Pane dengan adanya temuan kasus mutasi Corona B117 ini, ia juga menyayangkan tak ada pengumuman resmi dari pemerintah ke publik terkait temuan ini.

"Mestinya pemerintah merilis secara resmi, mengumumkan ke publik," kata Pane.



Simak Video "Tips Melindungi Diri dari Virus Corona B117"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)