Selasa, 02 Mar 2021 18:15 WIB

Tersisa 12 Wilayah Indonesia di Zona Merah Corona, DKI-Jabar Nihil

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
DKI Jakarta ternyata sudah bebas dari zona merah pandemi COVID-19, seiring dengan tingginya kasus kesembuhan yang melampaui kasus baru. DKI, Jabar, dan Jatim bebas zona merah Corona. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Zona merah Corona kembali mengalami penurunan. Jika dilihat dari data Satgas COVID-19 per 28 Februari 2021, hanya tersisa 12 wilayah di Indonesia yang masih berada di zona merah Corona yang sebelumnya ada 16 kabupaten-kota.

Saat ini, sudah tidak ada satupun wilayah di DKI Jakarta, Jawa Barat, ataupun Jawa Timur yang tercatat di zona merah. Kondisi ini jauh lebih baik dari pekan sebelumnya.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, secara kuantitatif zonasi COVID-19 nasional sudah didominasi zona oranye dan kuning. Namun, hal ini perlu terus diperhatikan agar kabupaten dan kota di zona oranye bisa segera berpindah ke zona kuning.

"Yang perlu diperhatikan adalah, jumlah kabupaten/kota di zona oranye perlu segera ditekan agar dapat berpindah ke zona kuning, mengingat sebagian kabupaten/kota masih berada di zona oranye yaitu 277 kabupaten-kota," kata Prof Wiku dalam konferensi pers di YouTube BNPB, Selasa (2/3/2021).

Prof Wiku juga mengungkapkan, kenaikan jumlah kabupaten dan kota di zona kuning saat ini patut dijadikan motivasi oleh daerah yang masih berada di zona merah dan juga oranye untuk segera melalui evaluasi dan pembenahan.

"Semoga di minggu-minggu selanjutnya, jumlah kabupaten/kota di zona merah bisa berkurang hingga tidak ada sama sekali. Dan wilayah di zona oranye dapat menurun secara perlahan," lanjutnya.

Berikut daftarnya dikutip dari laman resmi Satgas COVID-19.

1. Nusa Tenggara Timur

-Kupang
-Kota Kupang

2. Jawa Tengah

- Cilacap
- Banyumas
- Wonosobo
- Wonogiri
- Rembang
- Kota Surakarta

3. DI Yogyakarta

- Bantul

4. Bali

- Tabanan
- Badung
- Kota Denpasar



Simak Video "Daftar 10 Wilayah Zona Merah Corona di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)