Rabu, 03 Mar 2021 15:06 WIB

Dua Kasus Varian Corona B117 Sudah Negatif, Sempat Jalani Isolasi Lebih Lama

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ilustrasi Tes Swab Foto: Ilustrator: Mindra Purnomo
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI
Jakarta -

Dua kasus varian baru Corona B117 di Indonesia ada di Karawang. Mereka merupakan TKI yang disebut datang dari Arab Saudi.

Dikutip dari Antara, juru bicara Satgas COVID-19 Karawang menyebut keduanya sudah dalam kondisi negatif saat sebelumnya menjalani isolasi di DKI Jakarta.

"Setelah menjalani isolasi, hasil mereka negatif dan sudah diizinkan pulang. Jadi keduanya pulang ke Karawang dengan hasil negatif," jelas Fitra Hergyana, Rabu.

Fitra menyebut tracking dan testing sebelumnya sudah dilakukan kepada keluarga bersangkutan. Hal ini menindaklanjuti laporan terkait temuan varian baru Corona B117 di Karawang.

Fitra meyakinkan warga tak perlu khawatir karena keduanya sudah dinyatakan negatif Corona. Kedua TKI tersebut berinisial M dan A dari Kecamatan Lemahabang dan Kecamatan Pedes, Karawang.

"Semuanya sudah tertangani, jadi masyarakat kami imbau tidak panik," pesannya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut kasus varian Corona B117 yang ditemukan sempat menjalani isolasi selama 10 hari tetapi tak kunjung negatif Corona.

"Virus varian UK 117 terdeteksi ada di Karawang dari warga Karawang yang bepergian dengan pesawat Qatar Airways. Sesuai prosedur mendarat kemudian diisolasi 10 hari sudah dilaksanakan. Namun ternyata isolasi 10 hari sudah, tetapi virusnya tidak mau hilang," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK), di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, dikutip dari CNNIndonesia.

Kini, keduanya masih dalam pemantauan dinkes setempat untuk kemudian dites COVID-19 kembali apakah benar sudah negatif Corona.



Simak Video "Antisipasi Penyebaran Corona B117, Purwakarta Perketat 3M dan Tracing"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI