Jumat, 05 Mar 2021 13:30 WIB

Pakar IDI Yakini Vaksin Sinovac Bisa Tangkal Corona B117

Vidya Pinandhita - detikHealth
Vaksin COVID-19 buatan Sinovac (Esti Widiyana/detikcom) Pakar IDI yakini vaksin Sinovac bisa tangkal Corona B117. Foto: Vaksin COVID-19 buatan Sinovac (Esti Widiyana/detikcom)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI
Jakarta -

Vaksin COVID-19 Sinovac sebagaimana yang tersedia di Indonesia disebut belum terbukti secara ilmiah 'mempan' melawan varian baru virus Corona B117 asal Inggris.

"Kalau di Inggris sih vaksinnya terbukti efektif menangkal varian itu. Mereka memakai Pfizer. Bagaimana Indonesia? Belum ada bukti Sinocac bisa menangkal B.1.1..7. Kita tunggu saja bukti ilmiahnya," ujar Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban, dikutip detikcom dari akun Twitter @ProfZubairi atas izin yang bersangkutan.

Namun saat dikonfirmasi lebih lanjut oleh detikcom, Prof Zubairi menyebut, bukan berarti tertutup kemungkinan Sinovac gagal melawan varian Corona B117.

Bahkan menurutnya, lebih besar potensi Sinovac mempan melawan B117 dibanding kemungkinan gagalnya.

"Ya, memang ada (potensi Sinovac tak mempan melawan B117), tapi kecil. Karena kalau divaksinasi itu kekebalan yang muncul itu tidak hanya di 1 bidang saja, namun ada beberapa bagian dari kekebalan yang muncul setelah divaksinasi. Sedangkan kalau ada mutasi virus seperti B117 ini dia akan menganulir, tidak semua kekebalan yang muncul akibat vaksin, namun hanya sebagian," terangnya pada detikcom, Kamis (4/3/2021).

Menurutnya, riset ilmiah tetap dibutuhkan untuk memastikan keberhasilan Sinovac melawan B117. Sebab, B117 bersifat amat mudah menular.

Meski tak terbukti memicu gejala lebih berat pada pasien COVID-19, risiko yang ditakutkan dari penularannya yang cepat adalah peningkatan beban rumah sakit.

"Kemungkinan terbesar adalah Sinovac tetap mampu menangkal B117. Kita menunggu data ilmiahnya, namun dari beberapa analisa tadi dan juga contoh keberhasilan di Inggris, masih sangat amat mungkin (berhasil). Skenario terbesar adalah Sinovac akan berhasil menangkal B117," imbuhnya.



Simak Video "Apa Arti Kode B117 pada Varian Corona Inggris yang Masuk ke RI?"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)
Topik Hangat Corona B117 Masuk RI